Sukses

Hati-hati Bos Terlalu Kritis Bisa Dijauhi Pekerja, Begini Tips Mengatasinya

Bos yang terlalu kritis bisa menurunkan moral pekerja dan pada gilirannya menjadi penolakan.

Liputan6.com, Jakarta Menurut sebuah survei, sebagian besar pekerja ternyata lebih suka memiliki bos baru daripada kenaikan gaji. Ini karena sebanyak 6 dari 10 orang pekerja merasa mereka benar-benar tidak tahan dengan bos di kantor. 

Dalam sebuah artikel dalam Harvard Business Review, pengusaha asal India, Vineet Nayar membahas 3 jenis pimpinan yang dinilai yang buruk. Ketiganya, yakni bos yang peragu, manajer yang selalu merasa tidak aman, dan pemimpin yang merasa tahu segalanya.

Terlepas dari kategori mana, masing-masing jenis pemimpin ini pada akhirnya kerap menunjukkan perilaku yang terlalu kritis. 

Tindakan mereka pun bisa menurunkan moral pekerja, dan pada gilirannya, banyak karyawan akan memilih untuk mempunyai pimpinan baru daripada mendapat setumpuk uang tunai. 

Namun, beberapa manajer sejatinya tengah berjuang dengan menjadi terlalu kritis dengan niat mendukung target perusahaan. Bahkan, mereka mungkin sama sekali tidak menyadari bahwa karyawan mereka melihat mereka seperti itu.

Melansir CNN, Selasa (25/8/2020), inilah cara untuk mengetahui apakah Anda terlalu keras pada karyawan dan apa yang dapat kamu lakukan tentang itu.

1. Apakah Anda merasa sulit berbagi hal menyenangkan?

Beberapa manajer paling keras terhadap karyawan terbaiknya. Mereka melihat potensi besar, dan karenanya mendorong dengan keras. 

Mereka membuat poin penting dari apa yang mungkin diberikan dan memberikan umpan balik yang lebih luas. Namun, alih-alih membaca ini sebagai keinginan supervisor untuk melihatnya tumbuh, karyawan mungkin berpikir orang lain mendapatkan persetujuan lebih mudah karena pilih kasih. 

Dia mungkin merasa seperti dia selalu diminta untuk mengulangi pekerjaannya karena paling jauh mencapai sasaran - yang akan membuatnya merasa frustrasi dan seperti kontribusinya tidak benar-benar dihargai.

Cara mengatasinya: Jadilah transparan. Jika kamu mengkritik karyawan karena kamu pikir dia sangat berbakat (dan karenanya memiliki harapan yang lebih tinggi), katakan padanya. 

Kemudian, alih-alih merasa bahwa dia memiliki bos yang mustahil untuk menyenangkan, dia akan tahu bahwa dia memiliki bos yang percaya padanya, dan itulah sebabnya harapannya begitu besar. 

Pergeseran pikiran ini bisa menjadi perbedaan antara perasaan frustrasi dan perasaan termotivasi.

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Apakah kamu tahu bahwa niat baik tidak cukup?

Jadi, keras pada karyawa Anda nilai akan bermanfaat baginya dalam jangka panjang. Meski mungkin berarti, niat baik ternyata tidak cukup. 

Dengan kata lain, jika Anda terus-menerus mengirim kembali pekerjaan karena tidak cukup baik - terlepas dari alasannya – karyawan mungkin merasa seperti Anda orang yang bermasalah. 

"Saya benar-benar bersemangat untuk dipekerjakan delapan bulan lalu di perusahaan ini ... tetapi pekerjaan impian saya telah berubah menjadi mimpi buruk." Karyawan itu melanjutkan,

"Alasannya adalah bos saya, yang tidak pernah puas dengan apa pun. Saran kolumnis Anne Fisher yang berbagi kiat bekerja dengan orang yang perfeksionis, adalah jika Anda tidak ingin diklasifikasikan seperti itu, harus mulai lebih memperhatikan bahasa dan tindakan.

Cara mengatasinya: Bahkan ketika memberikan kritik atau berusaha memotivasi karyawan, Anda harus berbicara dengan penuh hormat. 

Dan jika Anda menantang seseorang karena berpikir dia bisa berbuat lebih banyak, harus mendukungnya dengan peluang pertumbuhan dan tugas yang menarik dan bermakna.

3. Apakah Anda mendorong komunikasi dua sisi?

Lain waktu seorang karyawan dapat merasa bahwa atasannya terlalu keras padanya adalah ketika bosnya tidak pernah mengambil waktu untuk mendengarkan. 

Karyawan itu memiliki pertanyaan atau saran, tetapi manajernya hanya mengabaikannya. Ini  yang membuat dia merasa bosnya berpikir bahwa gagasan atau kekhawatirannya tidak berharga.

Penulis Sara Stibitz mengingatkan: "... pemimpin yang kuat cenderung dicirikan oleh pendapat mereka yang kuat, tindakan tegas, dan sikap tanpa-tahanan. Ini adalah sifat-sifat penting, tetapi sama pentingnya bagi manajer untuk berdiri dan mendengarkan."

" Jika Anda belum mengasah keterampilan mendengarkan dan dikenal bersikap defensif atau kritis ketika karyawan menawarkan umpan balik, mereka bisa menjadi takut untuk memberi tahumu apa yang sebenarnya mereka pikirkan - dan itu buruk untuk bisnis (belum lagi hubungan kerjamu).

Cara mengatasinya: Berlatih mendengarkan. Stibitz menjabarkan hal-hal yang harus dan tidak boleh dilakukan untuk mendengarkan karyawan; termasuk tetap tenang dan benar-benar memberi karyawan kesempatan untuk berbicara.

Tidak ada yang ingin dikenal sebagai bos yang terlalu kritis - terutama jika Anda hanya berusaha melakukan pekerjaan dengan baik. 

Gunakan pertanyaan dan tips di atas untuk melakukan penilaian diri sendiri dan kursus yang benar jika perlu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.