Sukses

Penjualan Meningkat, Koperasi Ini Unjuk Gigi di Tengah Pandemi Corona

KPBS yang beranggotakan sebanyak 4.229 orang ini mampu memproduksi susu segar sebesar 75.000 kg per hari.

Liputan6.com, Jakarta - Sejak mewabahnya penyebaran virus corona, banyak usaha yang gulung tikar sehingga jutaan orang terancam kehilangan pekerjaan.

Perusahaan yang masih bertahan pun terpaksa melakukan efisiensi besar-besaran. Namun tidak demikian halnya dengan usaha Koperasi Peternakan Bandung Selatan (KPBS) Pangalengan yang tetap bisa unjuk gigi.

Ketua Umum KPBS Pangalengan, Aun Gunawan, mengatakan, usaha koperasi yang dipimpinnya justru meningkat. Produksi susu dan produk olahannya terkerek karena masyarakat menyadari pentingnya makanan bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

 “Ada tren peningkatan permintaan terhadap susu dan produk olahannya sejak pandemi ini,” kata Aun dalam keterangannya, Selasa (14/7/2020).

Ia menyebut koperasi yang pada tahun lalu genap berusia setengah abad ini, diketahui merupakan salah satu koperasi produsen susu terbesar di Jawa Barat. KPBS yang beranggotakan sebanyak 4.229 orang ini mampu memproduksi susu segar sebesar 75.000 kg per hari.

Di bawah kepemimpinan Aun, koperasi melakukan sejumlah inovasi seperti pola penyetoran susu sapi dari peternak tak lagi dilakukan pencatatan manual, namun menggunakan aplikasi yang dioperasikan melalui ponsel pintar. Selain itu, memiliki server khusus sebagai pusat data.

Selain mengolah susu pasteurisasi, koperasi juga memproduksi produk turunan susu seperti yogurt, keju, dan butter. Ini menjadikan usahanya semakin berkembang dan diminati masyarakat. Dari usaha tersebut, koperasi memiliki aset sebesar Rp 146,61 miliar dan volume usaha atau pendapatan mencapai Rp 281,28 miliar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Layanan ke Anggota

KPBS pun terus meningkatkan kualitas layanan kepada anggota, seperti pembangunan Rumah Sakit Umum KPBS dengan prioritas pelayanan untuk anggota, yang kini sudah mencapai tahap persiapan operasional.

Serta penyediaan hijauan makanan ternak melalui kerjasama pengelolaan lahan milik PTPN VIII, dan pengadaan mesin pengolahan hijauan makanan ternak (chopper, silage baler).

“KPBS juga meningkatkan penyediaan permodalan bagi anggota melalui BPR; meningkatkan penyediaan mesin perah, penyediaan bibit sapi perah unggul dan mengadakan program Umroh gratis untuk anggota,” ujarnya.

Aun menambahkan, agar usaha koperasi produsen seperti yang digeluti KPBS terus bertumbuh, ia berharap keberpihakan dari pemerintah.

Hal itu bisa diwujudkan melalui penetapan harga dasar susu dari Industri Pengolahan Susu (IPS) ke koperasi; subsidi harga bahan baku pakan ternak; pengadaan bibit sapi impor dan pengetatan perijinan untuk pembangunan mega farm milik swasta.

“Yang tidak kalah pentingnya adalah mempermudah pengajuan pinjaman permodalan pada lembaga pengelolaan dana bergulir. Koperasi butuh keberpihakan yang nyata dari pemerintah,” pungkasnya.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Koperasi adalah sebuah organisasi ekonomi yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama.

    koperasi

  • Virus Corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan.

    Corona