Sukses

Industri Pariwisata Diprediksi Baru Pulih di 2023

Industri pariwisata baru akan mulai memasuki masa pemulihan pada 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Melihat penanganan Covid-19 yang ada di Indonesia, Wakil Ketua Kadin Bidang Pariwisata, Kosmian Pudjiadi memperkirakan puncak penyebaran virus berakhir pada triwulan IV-2020. Sebab, dia melihat pengendalian yang dilakukan pemerintah kurang efektif.

"First wave mungkin baru mencapai puncaknya pada akhir tahun 2020," kata Kosmian dalam Rapat Dengan Pendapat (RDP) bersama Komisi X, DPR-RI secara virtual, Jakarta, Selasa (14/7).

Akibatnya, lanjut Kosmian, industri pariwisata baru akan mulai memasuki masa pemulihan pada tahun 2023. Yakni 1,5 tahun setelah ditemukannya vaksin jika merujuk data World Tourism Organization (WTO).

Kosmian menjelaskan pemulihan industri pariwisata di Indonesia sangat bergantung pada penurunan jumlah kasus baru orang terjangkit virus corona. Selain itu, pencabutan kebijakan PSBB di suatu daerah juga ikut memengaruhi.

Begitu juga dengan negara lain. Industri pariwisata sangat tergantung pada kebijakan negara lain yang mengizinkan warganya berkunjung ke Indonesia.

"Semua bergantung pada kapan negara lain berani mengizinkan warganya berkunjung ke Indonesia, terutama kapan penggunaan vaksin virus" kata Kosmian.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bergantung Penanggulangan Corona

Pemulihan di sektor pariwisata juga bergantung pada tata cara penanggulangan penyebaran Covid-19. Saat ini,cara yang digunakan yaitu mengandalkan rapid tes biasa untuk melakukan screening, lalu menggunakan PCR untuk memastikan

Namun hal ini tidak akan bisa memastikan seseorang bisa berlibur tanpa bayang-bayang virus corona. Dua alat tes tersebut belum bisa meyakinkan seseorang berlibur dengan aman.

Selain itu, pemulihan di sektor ini juga bergantung pada stimulus ekonomi terhadap suplai. Lalu stimulus ekonomi terhadap instansi pemerintah, perusahaan swasta dan masyarakat untuk bisa berkunjung dan berkegiatan di tempat wisata.

Termasuk stimulus ekonomi terhadap industri pendukung pariwisata. Terutama pada jasa transportasi. "Kalau tiket pesawat jadi mahal, dampaknya akan besar," kata Kosmian mengakhiri.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.