Sukses

SKD Sekolah Kedinasan STIS Dilaksanakan Pekan Depan

Pelaksanaan tes SKD untuk STIS yang berdiri di bawah naungan Badan Pusat Statistik (BPS) akan dilaksanakan di 33 titik lokasi.

Liputan6.com, Jakarta - Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) telah membuka pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sekolah kedinasan pada Senin, 13 Juli 2020. Tahap tes tersebut akan berlangsung hingga Jumat (17/7/2020).

Adapun penyelenggaraan SKD Sekolah Kedinasan pada tahun formasi 2020 ini akan berfokus untuk satu instansi setiap pekan.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengatakan, tahap SKD setelah STIN bakal berlanjut untuk Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) pada Senin pekan depan.

"Habis STIN ada STIS, itu mulai tanggal 20 Juli," kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerja Sama BKN Paryono kepada Liputan6.com, Selasa (14/7/2020).

Paryono mengungkapkan, pelaksanaan tes SKD untuk STIS yang berdiri di bawah naungan Badan Pusat Statistik (BPS) tersebut akan dilaksanakan di 33 titik lokasi.

Namun demikian, ia menambahkan, penyelenggaraan SKD STIS di beberapa daerah untuk pekan depan sudah bercampur dengan beberapa sekolah kedinasan lain. Ini lantaran jumlah pelamar pada satu instansi yang tidak merata di tiap daerah.

"Misal yang di Makassar peserta SKD STIS sedikit, sehingga bisa dimulai sekolah kedinasan Poltekip atau Poltekim. Jadi tidak bareng selesainya di setiap titik lokasi," terang Paryono.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hari Pertama SKD Sekolah Kedinasan Berjalan Lancar

Sebelumnya, Seleksi calon taruna atau praja atau mahasiswa Sekolah Kedinasan kini memasuki tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Hari pertama pelaksanaan SKD dimulai pada Senin, (13/7/2020) yang diawali dengan seleksi untuk pelamar Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN).

Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama, Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono mengatakan, penyelenggaraan SKD digelar di 49 Tilok seluruh Indonesia dengan penerapan protokol Kesehatan pencegahan Covid-19.

“BKN sudah membuat pedoman untuk memastikan sarana prasarana di titik lokasi SKD memenuhi standar protokol kesehatan dan pencegahan Covid-19," jelas dia dikutip dari keterangan tertulis, Senin (13/7/2020).

Pedoman protokol kesehatan tersebut diterbitkan melalui Surat Edaran Kepala BKN Nomor 17/SE/VII/2020 tentang Prosedur Penyelenggaraan Seleksi dengan Metode CAT BKN dengan Protokol Kesehatan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 untuk menjamin efektifitas, efisiensi dan kelancaran, serta tetap menjaga kualitas penyelenggaraan seleksi sesuai dengan protokol kesehatan di masa kedaruratan COVID-19.

Paryono mengimbau agar peserta berada di lokasi tes paling lambat 60 menit sebelum jadwal SKD. Peserta harus menggunakan masker yang menutupi hidung, mulut hingga dagu dan direkomendasikan menggunakan pelindung wajah ( face shield).

Untuk menghindari terjadinya kerumunan di lokasi tes, Paryono mengatakan pengantar atau orang tua peserta hanya diizinkan berhenti sampai di drop zone yang disediakan di lokasi.

Terakhir Paryono menyebutkan bahwa pelaksanaan SKD Sekolah Kedinasan direncanakan akan berlangsung sampai dengan September 2020 mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.