Sukses

Peningkatan SDM Lewat Bertani On Cloud Bisa Dongkrak Produktivitas Sektor Pangan

Produktivitas pertanian akan meningkat apabila SDM sudah terlatih. Oleh karena itu Kementan menjalankan program Bertani On Cloud.

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun di tengah pandemi covid-19, bukan halangan untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor Pertanian. Salah satunya adalah program Bertani On cloud yang digagas oleh Kementerian Pertanian (Kementan). 

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan) Dedi Nursyamsi mengatakan, selama pandemi pihaknya telah melaksanakan program Bertani On cloud, yakni upaya BPPSDMP mengadakan pelatihan untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

“Menurut penelitian Ary Ginanjar dia seorang motivator yang hebat, dari hasil penelitiannya ada tiga faktor pengungkit produktivitas, pertama adalah inovasi teknologi dan sarana dan prasarana itu memberikan kontribusi terhadap peningkatan produktivitas 25 persen,” kata Dedi kepada Liputan6.com, seperti ditulis Minggu (5/7/2020).

Faktor kedua, yakni dengan adanya kebijakan peraturan perundangan, juga memberikan kontribusi kurang lebih 25 persen. Lalu yang ketiga, 50 persen lainnya adalah kontribusi dari sumber daya manusia. Oleh sebab itu Kementan pun menggagas Bertani on Cloud.

“Itu kata kuncinya sekarang bagaimana caranya mencetak sumber daya manusia yang betul-betul bisa mengimplementasikan teknologi, yang betul-betul memanfaatkan sarana dan prasarana dan bisa taat terhadap semua kebijakan, dengan memanfaatkan peraturan perundangan dan sebagainya, agar produktivitas meningkat secara tajam dengan cara pelatihan,” jelasnya.

Menurutnya dengan pelatihan kualitas SDM maka peningkatan ilmu pengetahuanya dipastikan akan meningkat pula. Secara bersamaan maka produktivitas pertanian juga akan meningkat apabila SDM sudah terlatih, dan mengimplementasikan ilmu yang diperolehnya dari pelatihan tersebut.

“Salah satu bentuk pelatihan adalah dengan cara Bertani On Cloud, jadi kita yakin sekali dengan pelatihan kualitas sumber daya manusia pertanian atau kapasitas dari SDM pertanian, itu pasti meningkat ,di saat yang sama akan memberikan kontribusi terhadap peningkatan produktivitas berarti dia bisa meningkatkan produksi komoditas pertanian,” ujarnya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Produktivitas Meningkat

Demikian pelatihan yang diberikan untuk para petani yang sudah melek digital atau generasi milenial, penyuluh, dan praktisi, diharapkan setelah mereka menguasai tematik-tematik dari bertani, ia yakin produktivitas pertanian itu akan meningkat.

“Kalau produktivitas pertanian meningkat itu saya haqul yakin ketahanan pangan ada di genggaman kita, itu yang sangat kita harapkan,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.