Sukses

Tol Desari Ruas Brigif-Sawangan Gratis 2 Pekan untuk Sosialisasi

Jalan Tol Depok-Antasari (Desari) Seksi 2 untuk ruas Brigif-Sawangan sepanjang 6,3 km resmi beroperasi hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) melalui anak usaha PT Citra Waspphutowa resmi mengoperasikan Jalan Tol Depok-Antasari (Desari) Seksi 2 untuk ruas Brigif-Sawangan sepanjang 6,3 km.

Direktur Utama PT Citra Waspphutowa Jusuf Hamka mengatakan, Tol Desari ruas Brigif-Sawangan akan dibebaskan tarif selama dua pekan sebagai bentuk sosialisasi akan keberadaan jalan bebas hambatan baru tersebut.

"Ini waktu sosialisasi kita dua minggu, kita kasih gratis dua minggu. Ini lah waktu sosialisasi kita," ujar Jusuf Hamka usai meresmikan Tol Depok-Antasari ruas Brigif-Sawangan di Gerbang Tol Sawangan, Depok, Jumat (3/7/2020).

Saat ditanya soal bocoran tarif Tol Desari Ruas Brigif-Sawangan, ia masih menolak sembari berkata bahwa ketentuan tersebut merupakan hak pemerintah, dalam hal ini Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR.

"Nantikan BUJT (badan usaha jalan tol) meminta kepada pemerintah, pemerintah yang menentukan bukan kita," ucap dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perbandingan Tarif

Sebagai perbandingan, Tol Tol Desari Seksi I Antasari-Brigif yang sudah beroperasi lebih dulu, dengan panjang 5,8 km memberlakukan tarif untuk kendaraan golongan I Rp 7.500. Sementara golongan II dan III tarifnya sama yakni Rp 11.500.

Lalu pengenaan biaya untuk kendaraan golongan IV dan V tarifnya sama, yakni Rp 15 ribu. Pemberlakuan tarif ini berdasarkan Keputusan Menteri PUPR Nomor 895/KPTD/M/2018.

Secara keseluruhan, Jalan Tol Depok-Antasari total memiliki panjang 21,6 km yang terbagi atas tiga seksi, yakni Seksi 1 Antasari-Brigif sepanjang 5,8 km yang telah beroperasi September 2018.

Lalu, Seksi 2 Brigif-Sawangan sepanjang 6,3 km, dan Seksi 3 Sawangan-Bojong Gede sepanjang 9,5 km.

 

3 dari 3 halaman

Terkoneksi Tol Bogor

Tol Depok-Antasari juga akan terkoneksi dengan Tol Bogor Ring Road-Ciawi, dengan penambahan lingkup sepanjang 6,5 km untuk ruas Bojong Gede-Salabenda.

Pengusahaan Jalan Tol Depok-Antasari dilaksanakan oleh VMBP melalui anak usaha PT Citra Waspphutowa, serta PT Waskita Toll Road dan PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.