Sukses

DPR Desak Pertamina Cari Mitra Kerja Demi Percepat Proyek Kilang Minyak

DPR meminta PT Pertamina fokus melakukan pembangunan kilang minyak.

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) meminta PT Pertamina fokus melakukan pembangunan kilang minyak di Indonesia. Hal tersebut salah satunya dengan mencari mitra kerja yang bisa mendukung pengadaan kilang.

Anggota DPR, Karyada Warnika mengatakan, selama ini pemerintah mencari dana pembangunan kilang. Kemudian Pertamina sebagai badan usaha yang ditugaskan, diminta mencari kontraktor untuk menggarapnya.

"Sehingga jokes nya Pertamina itu tukang jahit, mesin jahitnya punya pemerintah," ujar Kardaya dalam rapat kerja, Rabu (1/7).

Kardaya mengatakan, pemfokusan pembangunan kilang sangat penting tidak kalah dengan proyek pembangunan infrastruktur andalan Presiden Jokowi. "Ini (kilang) tentu tidak kalah penting untuk diutamakan," jelasnya.

Sementara itu dalam rapat bersama, Wakil Ketua Komisi VII Alex Noerdin membacakan kesimpulan rapat. Di antaranya, DPR mendesak Direktur Utama PT Pertamina (Persero) untuk dapat menyampaikan detil progres dan skema pembiayaan seluruh Megaproyek Kilang Minyak dan Petrokimia dan disampaikan tertulis secara berkala dan transparan kepada Pimpinan dan Anggota Komisi VII DPR RI.

"Komisi VII DPR RI mendesak Direktur Utama PT Pertamina (Persero) untuk melakukan langkah-langkah terobosan dalam mencari mitra kerja baru yang lebih baik untuk mendukung seluruh Megaproyek Kilang Minyak dan Petrokimia demi Ketahanan Energi Nasional," jelasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Agenda Rapat Selanjutnya

Ketiga, komisi VII DPR RI sepakat dengan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) untuk melanjutkan Rapat Dengar Pendapat pada Masa Sidang selanjutnya untuk membahas agenda lainnya yaitu Program BBM Ramah Lingkungan, progres kegiatan pengadaan minyak melalui ISC, update Petral dan progres Digitalisasi SPBU.

Keempat, Komisi VII DPR RI sepakat dengan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) untuk menyusun roadmap pengembangn mini refinery dan melanjutkan pembangunan mini depot untuk wilayah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal).

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kilang minyak disebut pula sebagai industri padat karya.

    kilang minyak

  • DPR adalah lembaga legislatif yang anggotanya terdiri dri anggota partai politik terpilih dari hasil pemilu.

    DPR

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina

  • minyak