Sukses

Mau Dapat Diskon Tagihan hingga Listrik Gratis Saat Pandemi, Simak Caranya

Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan stimulus atau subsidi listrik gratis untuk golongan 450 Volt Ampere (VA) dan diskon 50 persen untuk golongan 900 VA.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan stimulus atau subsidi listrik gratis untuk golongan 450 Volt Ampere (VA), dan diskon 50 persen untuk golongan 900 VA, selama enam bulan terhitung dari April-September 2020.

Lalu bagaimana caranya mendapatkan subsidi listrik tersebut, berikut Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PT. PLN Bob Saril, menjelaskan tata cara mengklaim subsidi listrik, dalam konferensi pers Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Rabu (1/7/2020).

“Untuk skenario pembayaran tarif tenaga listrik untuk rumah tangga 450 VA dan 900 VA maka ada dua tipe yang kita lihat, yaitu pertama adalah bagi pelanggan yang di rumahnya menggunakan listrik prabayar dan pasca bayar,” kata Bob.

Maka untuk pelanggan pascabayar maka otomatis nanti diskonnya itu ditambahkan di dalam rekeningnya, sehingga masyarakat tidak perlu membayar lagi dan pembayarannya adalah nol.

Sementara untuk pelanggan prabayar atau yang menggunakan token setiap bulannya sesuai dengan arahan selama 6 bulan diberikan token listrik gratis dengan jumlah KWH sebesar KWH pemakaian tertinggi dari pemakaian 3 bulan terakhir yaitu Desember 2019 sampai dengan Februari 2020, untuk periode pembelian nanti pada bulan Juli,  Agustus, September tahun 2020.

“Banyak channel yang bisa kita lakukan untuk pelaksanaan pembayaran ini PLN telah menyediakan ada 5 channel,” ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Caranya Dapat Subsidi

Pertama, bisa mengakses website resmi PLN www.pln.co.id, lalu masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19, kemudian masukkan ID pelanggan atau nomor meter, masukkan token listrik gratis nanti akan ditampilkan dilayar, terakhir token listrik gratis berhasil di dapatkan, pelanggan tinggal memasukkan angka tersebut ke kWh meter.

Kedua, pelanggan bisa mengakses melalui WhatsApp PLN dengan nomor 08122123123, maka para pelanggan bisa mengakses mengambil kode Token melalui WhatsApp, tinggal masukkan WhatsApp kemudian mencantumkan nomor id maka akan tampil tokennya, dan tokennya bisa dimasukkan ke dalam KWH meter.

Ketiga, bagi pelanggan yang tidak bisa mengakses via  WhatsApp maupun website bisa melalui penyalurannya untuk daerah pangkat desa atau perangkat daerah yang terdekat,  ini digunakan apabila tidak ada akses seperti di kepulauan-kepulauan yang kecil sehingga mereka tanpa akses akan dibantu oleh pemerintah daerah setempat melalui petugasnya.

“Para pelanggan tinggal mendatangi aparat desa setempat dan aparat desa ini akan ke website PLN dan WhatsApp, lalu akan diberikan kepada pelanggan,” ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

Cara Selanjutnya

Keempat, bisa melalui contact center PLN dengan menelpon ke 123. Kemudian nanti akan diarahkan untuk pelayanan, Anda cukup menyebutkan kepada petugas PLN nomor angka token Anda dan nanti akan dicatat, dan kemudian dimasukkan ke dalam kWh meter.

Selanjutnya cara kelima, kalaupun seandainya empat cara tadi tidak tidak bisa dilakukan maka ada cara lain. PLN sendiri memiliki 857 unit layanan ditambah 117 unit layanan pusat, yang bisa dikunjungi oleh para pelanggan.

“Jadi silakan untuk para pelanggan yang ingin mengklaim stimulus ini, pergi ke kantor PLN terdekat ini untuk pelaksanaan cara mengklaim atau mendapatkan token gratis,” pungkasnya.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.