Sukses

Subsidi Listrik Diperpanjang hingga September 2020

Selain pelanggan rumah tangga, subsidi listrik juga diberikan kepada pelanggan kategori bisnis dan industri.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memperpanjang kebijakan subsidi listrik. Bagi pelanggan rumah tangga 450 VA bisa mendapatkan listrik gratis sedangkan pelanggan rumah tangga 900 VA akan mendapat diskon 50 persen. 

Kebijakan subsidi listrik ini akan diberikan oleh pemerintah selama 6 bulan dengan hitungan mulai dari April 2020 hingga September 2020.

"Secara khusus kebijakan bantuan dari negara berupa diskon tagihan listrik selama 6 bulan dari April sampai September 2020 untuk golongan rumah tangga 450 VA dan rumah tangga 900 VA," kata Dirjen Ketenagalistrikan, Kementerian ESDM, Rida Mulyana dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta Timur, Rabu (1/7/2020).

Bantuan ini telah diberikan kepada 24 juta pelanggan rumah tangga 450 VA dan 7,3 juta pelanggan rumah tangga 900 VA. Sehingga total yang menerima subsidi listrikmencapai 31,3 juta pelanggan.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelanggan Bisnis

Selain itu, subsidi listrik juga diberikan kepada pelanggan kategori bisnis dan industri. Namun dalam kategori ini hanya pelanggan 450 VA yang dapat menerima manfaat program ini.

"Kami memberikan stimulus kepada pelanggan bisnis dan industri untuk pelanggan 450 VA dan industri 450 VA dengan total pelanggan 455 ribu pelanggan," kata Rida.

Program ini juga berlaku selama bulan April-September 2020. Rida berharap bantuan pemerintah ini hanya bersifat sementara dan tidak menjadi permanen.

"Bantuan ini sementara mudah-mudahan tidak lama dan tidak permanen, ini wujud buat saudara kita yang paling terdampak akibat pandemi," harap Rida.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.