Sukses

Ingin Kaya, Disimak 3 Tips Investasi ala Miliarder Kanada

Mari kita lihat lebih dekat tiga cara miliarder Kanada telah membuat kekayaan mereka

Liputan6.com, Jakarta Kita tahu tentu sering mendengar nama miliarder Warren Buffet, Jeff Bezos, dan miliarder lainnya. Namun tahu kah bahwa miliarder Kanada tidak mendapatkan perhatian yang hampir sama dengan miliarder dari Amerika Serikat (AS).

Salah satu alasannya, mata media dunia selama ini lebih terfokus pada miliarder AS seperti Warren Buffett dan lainnya.

Namun patut tahu jika ada juga miliarder top Kanada yang bekerja dengan keras selama beberapa generasi sekarang. Dia diam-diam sukses membangun kekayaan dalam bisnis.

Buat yang ingin meniru kesuksesan miliarder Kanada ini, mari simak 3 cara miliarder Kanada membangun kekayaan mereka.

Mungkin tips ini bisa Anda terapkan juga dalam membangun kekayaan, seperti melansir laman The Montley Fool, Rabu (1/7/2020).

1. Fokus pada kebutuhan primer

Banyak miliarder top Kanada membangun kekayaan dengan berfokus pada kebutuhan bahan pokok, jenis barang yang dikonsumsi masyarakat setiap hari.

Salah satunya keluarga Weston yang fokus pada makanan, dan sukses mengubah perusahaannya yakni Loblaw menjadi toko bahan makanan top di Kanada.

Kepemilikan keluarga juga termasuk Weston Foods, salah satu toko roti top Amerika Utara, serta real estate yang luas.

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Diversifikasi

Banyak orang terkaya di Kanada membuat kekayaan mereka berfokus pada bisnis keluarga. Hanya mengejar investasi setelah mereka sudah sangat kaya.

Namun ini tidak pernah terjadi dengan Jim Pattison, miliarder yang berbasis di Vancouver yang rajin  melakukan diversifikasi sejak masa awal membangun kerajaan bisnis.

Saat ini, Grup Jim Pattison memiliki aset seperti dealer mobil, toko bahan makanan, iklan luar ruangan, stasiun radio, dan manufaktur makanan. Dia juga memiliki saham di beberapa saham utama di perusahaan di Kanada.

Tidak satu pun dari aset-aset ini yang sangat seksi. Namun fokus jangka panjang Pattison dan dorongan maju tanpa henti telah membawanya mencapai kekayaan bersih yang diperkirakan mencapai USD 5 miliar.

Namun, tidak semua yang disentuh Pattison berubah menjadi emas. Seperti investor lainnya, ia memiliki andil yang tak terkendali selama bertahun-tahun. Tetapi diversifikasi memastikan bahwa setiap kerugian dapat dikelola.

3. Pendekatan jangka panjang

Rahasia kecil dari banyak keluarga miliarder top adalah mereka berinvestasi selama beberapa dekade sebelum benar-benar menjadi kaya.

Sebagai contoh keluarga miliarder Richardson, yang diam-diam membangun kekayaan yang diperkirakan bernilai lebih dari USD 6 miliar.

Bisnis keluarga dimulai ketika James Richardson beremigrasi dari Irlandia pada tahun 1820-an. Dia dan putra-putranya membentuk perusahaan pada tahun 1857. Mereka kemudian pindah di Winnipeg pada awal abad ke-20. Bisnis keluarga ini pun terus tumbuh.

Tentu diingat, banyak keluarga miliarder top Kanada memiliki kisah serupa. Mereka hanya fokus pada bisnis keluarga dan mengambil pendekatan jangka panjang.

Anda dapat dengan mudah melakukan hal yang sama dengan saham teratas Kanada, dan investasi langsung di perusahaan-perusahaan hebat ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.