Sukses

Kini Top Up TapCash BNI Bisa Lewat GoPay

Fitur Top Up TapCash BNI lewat GoPay akan mendorong pengguna menggunakan transaksi non tunai.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah tengah gencar menggalakan transaksi non tunai guna mencegah penyebaran virus Corona melalui transaksi dengan uang kartal. Sejalan dengan prinsip tersebut, Bank Negara Indonesia (BNI) bekerja sama dengan perusahaan ride hailing Gojek mengawinkan fasilitas transaksi elektronik andalan mereka, yaitu TapCash dan GoPay.

Melalui kerjasama ini, pengguna Kartu TapCash nantinya dapat mengisi ulang deposit melalui GoPay disertai dengan proses update balance setelahnya. Dengan begitu, pengguna TapCash tidak perlu repot mengisi kartu mereka dengan uang kertas lagi.

"Dalam menghadapi era New Normal ini, pemerintah menganjurkan masyarakat untuk tetap menerapkan transaksi non-tunai. Masyarakat tidak perlu khawatir jika saldo TapCash-nya kurang atau habis. Selain bisa isi ulang melalui channel BNI, sekarang juga sudah bisa melalui aplikasi Gojek," ujar Direktur Bisnis Konsumer BNI Corina Leyla Karnalies dalam konferensi pers, Senin (29/6/2020).

Senada dengan Corina, Managing Director GoPay Budi Gandasoebrata juga menyatakan, fitur ini akan mendorong pengguna menggunakan transaksi non tunai.

"Dengan hadirnya fitur ini, kami mendorong transaksi nontunai agar masyarakat dapat mengurangi kontak fisik di tengah pandemi," tuturnya.

Untuk langkah isi ulangnya sendiri sangat mudah. Corina menjelaskan, pengguna hanya perlu membuka aplikasi Gojek, memilih fitur Go Bills dan mengisi saldo dengan menempelkan kartu di smartphone. Namun, pastikan smartphone memiliki fitur NFC terlebih dahulu.

"Pengguna hanya perlu membuka Aplikasi Gojek, pilih fitur GoBills, kemudian pilih menu isi ulang uang elektronik, lalu pilih TapCash. Setelah isi ulang berhasil, pengguna dapat langsung melakukan update balance pada Aplikasi Gojek. Pastikan smartphone-nya memiliki fitur Near-Field Communication (NFC)," ungkap Corina.

Adapun, pengguna dapat melakukan isi ulang saldo TapCash dimulai dari Rp 20 ribu hingga Rp 500 ribu. Sesuai ketentuan regulator, batas maksimum saldo uang elektronik berbasis kartu, salah satunya TapCash, adalah sebesar Rp 2 juta.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Permudah Transaksi

Budi menambahkan, ke depannya, pihaknya akan terus melakukan kolaborasi untuk memudahkan pengguna bertransaksi secara digital.

"Kedepannya kami akan terus berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk perbankan, untuk memberikan kemudahan dan kebebasan kepada masyarakat Indonesia dalam bertransaksi non tunai terutama tanpa kontak," ujarnya.

Sebagai informasi, TapCash merupakan kartu uang elektronik yang diterbitkan oleh BNI. Kartu TapCash dapat digunakan untuk pembayaran transportasi umum seperti Commuterline, TransJakarta, MRT, LRT, Railink, dan Kapal Penyeberangan, pembayaran tol dan parkir, hingga transaksi di berbagai toko retail BNI seperti restoran, bioskop, dan mini market. Hingga Mei 2020, sudah terdapat lebih dari 7 Juta kartu TapCash yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kartu TapCash dapat diisi ulang melalui channel BNI seperti BNI Mobile Banking, BNI SMS Banking, ATM BNI, Agen46, e-Commerce, toko retail seperti mini market hingga GoPay.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.