Sukses

Sulit Menabung? Coba 7 Langkah Ini dalam Seminggu Dijamin Bisa

Simak 7 langkah mudah untuk bisa menabung.

Liputan6.com, Jakarta - Menabung bisa dibilang sebagai suatu hal yang umum dilakukan oleh sebagian besar orangyang memiliki penghasilan. Memiliki simpanan atau uang lebih yang bisa digunakan di masadepan untuk berbagai kepentingan memang baik.

Namun pada prakteknya, tidak semudah itu menyisihkan uang dalam jangka waktu tertentu. Resolusi menabung ini kerap kali dipatahkan oleh banyak hal.

Mulai dari penghasilan yang pas-pasan, kebiasaan belanja yang boros, sampai dengan tujuan menabung yang tidak jelas. Beberapa alasan tersebut yang membuat orang sering gagal menyisihkan uang ataususah nabung.

Pertanyaannya adalah, apakah sesulit itukah menabung? Jawabannya adalah tidak.

Tidak apabila kamu tahu apa yang harus dilakukan supaya penghasilan atau uang jajanmu bisa diatur secara efektif supaya tepat sasaran. Berikut beberapa cara dari Cermati.com yang bisa kamu coba selama seminggu supaya bisa cepat menyisihkan uang.

1. Tentukan Tujuan dan Jumlah Tabungan dalam Seminggu

Di hari pertama, yang perlu  dilakukan adalah menentukan tujuan dan seberapa besar tabungan yang mau kamu sisihkan dalam seminggu.

Sebelum menabung, kamu perlu menentukan untuk apa tabunganmu akan digunakan nantinya. Apakah untuk dana masa depan? Dana pernikahan? Ataukah untuk DP rumah?

Setelah menentukan tujuan yang jelas kamu kemudian bisa memperkirakan berapa besardana yang perlu disisihkan. Hal inilah yang kemudian bisa menjadi motivasi supaya target tabunganmu tercapai.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Buat Rekening atau Tempat Terpisah untuk Dana Tabungan

Hari kedua, kamu perlu langsung membuat rekening atau tempat terpisah untuk menyimpan uang yang nantinya akan disisihkan.

Hanya memiliki 1 rekening saja bisa menjadi masalah lantaran tidak bisa memisahkan mana dana yang perlu dan tidak perlu dikeluarkan setiap minggu. Apabila tidak dipisahkan, nantinya dana tabungan malah bisa digunakan untuk hal lain.

Simpan dalam tempat berbeda supaya dana bisa tetap aman. Kalau perlu letakkan danatersebut di tempat yang lebih sulit diambil supaya lebih aman.

3. Kenali Kebiasaan-Kebiasaan Boros

Di hari ketiga, kamu perlu berpikir dan membuat daftar kebiasaan-kebiasaan apa saja yang mungkin membuat pengeluaranmu berlebihan.

Duduk sejenak, pikirkan, dan tulis apa saja kegiatan yang biasa kamu lakukan setiap hari dalam seminggu yang kira-kira menghabiskan uang. Melakukan identifikasi kebiasan-kebiasan tersebut adalah langkah awal mengetahui apa saja yang bisa diubah nantinya.

Sebelum mengubah kebiasaan boros, kita perlu mengetahui hal-hal yang mungkin kita anggap kecil namun tanpa sadar berdampak besar pada keuangan kita. Hal-hal dan berbagai kebiasaan kecil inilah yang terkadang luput disadari oleh banyak orang. Karena itucoba pikirkan sedetail mungkin.

3 dari 4 halaman

4. Mulai Ubah Kebiasaan Boros Menjadi Hemat

Setelah kamu selesai mengidentifikasi berbagai kebiasaan boros mulailah menggantinya dengan kebiasaan positif. Cara sederhananya adalah melakukan substitusi atau langsung memotong dana yang akan digunakan untuk kebiasaan tersebut. Sebagai contoh, apabila kamu hobi beli kopi di luar bisa langsung diganti dengan membuat kopi sendiri dari rumahatau tempat kerja. 

Apabila kamu sering makan di luar, cobalah membuat bekal atau jajan sendiri. Membeli bahan-bahan baku dan membuat makanan sendiri akan sangat mengurangi pengeluaran tiap bulan.

Selain makanan, apabila kamu sering bepergian menggunakan transportasi online, pertimbangkan untuk mengurangi volumenya atau mencoba menggunakan kendaraan umum sebagai pengganti. Sering belanja online? Coba uninstall aplikasi e-commerce dari ponsel atau komputer kamu supaya tidak tergodaakan promo-promo atau niat belanja berlebihan. 

5. Buat dan Minta Pengingat dari Orang-Orang Sekitar

Supaya kebiasaan menabung bisa dijalankan dengan baik, kamu bisa minta keluarga atau kerabat terdekat untuk mengingatkan apabila kamu ingin mengeluarkan uang untuksesuatu.

Dukungan dan pengingat dari orang-orang sekitar inilah yang kemudian bisa menjadi pemacu supaya kamu tetap sejalan dengan target tabungan yang kamu tentukan sebelumnya. Saling mengingatkan itu baik bukan?

4 dari 4 halaman

6. Utamakan Konsistensi 

Ketika sudah ada sejumlah uang yang berhasil dipisahkan, cobalah sisihkan dengan jumlahyang konsisten setiap hari. Apabila cukup berat untuk dilakukan, kecilkan jumlahnya namuntetap lakukan setiap hari.

Meskipun jumlahnya lebih kecil, konsistensi menjadi sangat penting supaya target tabunganbisa tercapai dalam jangka panjang. Yang penting harus dilakukan dengan rutin walaupunjumlahnya tidak sama setiap hari.

7. Hitung Jumlah yang Telah Terkumpul dalam Seminggu

Agar penderitaanmu selama seminggu tidak terasa sia-sia, di akhir minggu coba hitung hasiltabunganmu ya.Kamu pasti akan terkejut dengan jumlahnya apabila kamu bisa melakukannya dengan rutin. Mengetahui jumlah yang terkumpul tiap minggu bisa menjadi motivasi supaya kamu bisamelakukannya lagi di minggu berikutnya. Siapa tahu kamu malah bisa menentukan target lebih dan bisa menabung lebih banyakbukan? Kita tidak pernah tahu sebelum dicoba.

Belajar Kembangkan Mindset dan Gaya Hidup Hemat

Kebiasaan menabung bisa dikembangkan apabila kamu dapat mengembangkan pola pikirdan gaya hidup berhemat.Ketujuh langkah di atas bisa menjadi cara awal mengembangkan kedua hal tersebut dalamjangka panjang. Apabila sudah menjadi kebiasaan, kamu tidak perlu takut akan pengeluaranberlebih daas menabung dengan konsisten.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.