Sukses

Dorong Ekspor Nasional, LPEI Jalin Kerja Sama dengan Bank Mandiri

kerjasama antara pihaknya dan Bank Mandiri merupakan implementasi regulasi yang diamanatkan kepada LPEI dalam Undang-Undang No. 2 tahun 2009 pasal 7C.

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank menggandeng PT Bank Mandiri Tbk (Bank Mandiri) dalam kerjasama penjaminan kredit bank. Kerjasama bertujuan meningkatkan pembiayaan ekspor serta mendukung agenda pemulihan ekonomi nasional dari dampak pandemi covid-19.

Direktur Pelaksana III LPEI, Agus Windiarto mengatakan, bahwa kerjasama antara pihaknya dan Bank Mandiri merupakan implementasi regulasi yang diamanatkan kepada LPEI dalam Undang-Undang No. 2 tahun 2009 pasal 7C. Yakni, penjaminan bagi Bank yang menjadi mitra penyediaan pembiayaan transaksi ekspor yang telah diberikan kepada Eksportir Indonesia.

"Kolaborasi ini merupakan salah satu langkah kami untuk mempertegas posisi LPEI sebagai Credit Enchancer bagi perbankan. Selain itu, kami juga berharap kerja sama ini juga dapat berkontribusi terhadap Pemulihan Ekonomi Nasional," ujar dia dalam siaran pers, Jumat (26/6/2020).

Menurutnya dalam pelaksanaan fungsinya sebagai penjamin, LPEI mengacu pada SEOJK No. 11/SEOJK.03/2018, POJK No. 14/SEOJK.03/2018, POJK No. 15/SEOJK.03/2018 dan POJK No. 32/POJK.03/2018. Sehingga membuat LPEI sebagai lembaga sovereign status dapat memberikan penjaminan bagi bank dengan pembobotan ATMR (Aset Tertimbang Menurut Risiko) sebesar 0 persen.

Nantinya, aset yang dijamin memiliki kualitas lancar. Serta pengecualian perhitungan Batas Maksimum Pemberian Kredit (BMPK) atau Batas Maksimum Penyaluran Dana (BMPD).

Sejumlah hal yang menjadi ruang lingkup kerjasama antara LPEI dan Bank Mandiri meliputi fasilitas Penjaminan dan Asuransi Kredit, berbagai layanan perbankan oleh Bank Mandiri sera kerja sama Sosialisasi dan Edukasi yang dapat disepakati kedua belah pihak kedepannya.

"LPEI optimis dukungan yang diberikan melalui produk penjaminan kredit akan turut membantu bank dalam pembiayaan ekspor atau sebagai Credit Enhancer. Imbasnya perbankan dapat memperluas pembiayaan ekspor," tegasnya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukung Industri Berbasis Ekspor

Sementara itu, Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri, Donsuwan Simatupang mengatakan, Bank Mandiri memiliki komitmen kuat mendukung industri berbasis ekspor. Sekaligus untuk menghasilkan efek domino kepada sektor riil.

"Kami sangat mengapresiasi kerjasama yang terjalin dengan LPEI ini. Dengan pengalaman perbankan Bank Mandiri yang didukung oleh produk penjaminan LPEI yang reliable, kamiberharap sinergi ini dapat berkontribusi dalam dalam mendukung program pemerintah Indonesia," ujarnya.

Oleh karenanya, pihaknya siap mendukung LPEI melalui layanan perbankan elektronik untuk memudahkan operasional LPEI, baik secara internal maupun dengan mitra usaha. Sebab dinilai sejalan dengan keinginan Bank Mandiri menjadi modern digital bank untukmerealisasikan visi sebagai mitra perbankan utama nasabah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.