Sukses

Meski Merugi, PLN Optimis Operasional Perusahaan Aman Sampai Akhir Tahun

PLN optimis operasional PLN bisa bertahan hingga akhir tahun meski kondisi keuangan pada kuartal pertama tidak menggembirakan.

Liputan6.com, Jakarta - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyatakan mencatat kerugian Rp38,88 triliun di kuartal I-2020. Adapun kerugian terjadi akibat pelemahan Rupiah, di mana pada 31 Desember tercatat Rp14.244 per USD menjadi Rp16.367 per USD.

Direktur Utama PT PLN (Persero), Zulkifli Zaini megaku optimis operasional PLN bisa bertahan hingga akhir tahun meski kondisi keuangan pada kuartal pertama tidak menggembirakan.

Asalkan, kata dia pemerintah membayarkan kompensasi utang sebesar Rp45,42 triliun.

"Nah dengan masuknya dana tersebut kami akan pastikan operasional tetap aman sampai berakhirnya 2020," kata dia di ruang Komisi VI DPR RI, Jakarta, Kamis (25/6).

Di samping pembayaran kompensasi utang dari pemerintah, PLN juga akan mengoptimalkan penjualan listrik dari pelanggan. Dengan begitu diharapkan operasional bisa tetap berjalan dan memberikan pelayanan ketenagalistrikan yang berkualitas dan diandalkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Posisi Utang

Sebelumnya, PLN mencatat posisi utang pemerintah kepada PLN mencapai Rp45,42 triliun. Utang itu berasal dari kompensasi subsidi listrik 2018 dan 2019.

"Saat ini kompensasi tarif yang belum terbayar ke PLN adalah 45,42 triliun," katanya.

Dia merincikan dari total utang tersebut terdiri dari nilai kompensasi pada 2018 mencapai sebesar Rp23,17 triliun, sementara di 2019 tercatat sebesar Rp22,25 triliun. "Kompensasi 2018 telah terdapat alokasi pembayaran sebesar Rp7,17 triliun namun belum terbayar," katanya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • PLN merupakan perusahaan listrik milik negara.

    PLN

  • Listrik adalah daya atau kekuatan yang dapat digunakan untuk menghasilkan panas, cahaya, atau untuk menjalankan suatu mesin.

    Listrik