Sukses

Hebat, Jajaran Merek Asli Indonesia yang Merajai Pasar Dunia

Indonesia juga punya produk manufaktur yaitu sepeda Polygon yang telah ada di 500 belahan dunia. Selain itu masih banyak lagi.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia adalah penggerak ekonomi terbesar di Asia tenggara (ASEAN) dan salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi paling pesat di dunia. Indonesia telah mencatatkan reputasi sebagai salah satu negara yang menonjol di ekonomi global.

“Dengan nilai pertumbuhan ekonomi rata-rata sebesar 5,2 persen selama dua dekade terakhir yang didukung oleh ekonomi makro yang stabil serta dipandu oleh pemerintah yang mendukung reformasi pro pasar,” kata Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, dalam webinar “Kenali Local Brand yang Menguasai Pasar Global”, Rabu (24/6/2020).

Ia mengatakan bahwa posisi tersebut sangat berkaitan dengan peran pelaku usaha baik Usaha Kecil dan Menengah (UKM) maupun skala besar di pasar lokal maupun global.

Menurut Agus, sinergi mereka menopang perekonomian Indonesia dengan sangat baik dan menjadi bukti bahwa Indonesia sanggup bersaing di pasar pasar global.

Indonesia merupakan penghasil merek ternama dunia yang memiliki market power di dunia dan mampu bersaing secara kompetitif dengan produk yang dihasilkan negara lain misalnya produk makanan Indonesia,” ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hambatan

Meskipun dihambat dengan regulasi beberapa negara seperti penggunaan minyak sawit dan standar kesehatan yang tinggi, produk makanan Indonesia di beberapa negara tersebut masih unggul dan menjadi brand ternama jika dibandingkan dengan negara Asia lainnya.

Lalu apa yang dapat pihaknya lakukan untuk menjadikan local brand yang mampu mengungguli dan asing dipasang global? Menurutnya ide kreatif merupakan sebuah hal yang mutlak yang harus dimiliki oleh setiap pelaku usaha.

“Dengan perubahan sosial ekonomi yang terjadi akibat pandemi ini dapat dijadikan momentum bagi para pelaku UKM dan besar, untuk mengembangkan ide dan kreativitasnya dan memanfaatkan peluang untuk bersaing dengan negara lain,” ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

Merek yang Mendunia

Baginya, para pengusaha yang sudah tersebar dari 100 negara antara lain produk milik perusahaan lokal, PT Mayora Indah Tbk, PT Indofood Sukses Makmur Tb, PT Gajah Tunggal Tbk, dan April Group dengan produk kertasnya dari perusahaan ini, mereka pada umumnya memiliki keunggulan berupa inovasi kualitas dan standar internasional.

Tentunya, pemasaran tersebut tidak lepas dari bantuan pemasaran para diaspora di negara tujuan ekspor. Bahkan produk Mayora yakni permen kopi Torabika menjadi maskot di beberapa negara, permen Kopiko merupakan produk olahan kopi nomor satu di Vietnam, Amerika Serikat, dan di Filipina pangsa pasar Kopiko ini sebesar 45 persen.

Selain itu, Indonesia juga punya produk manufaktur yaitu sepeda Polygon yang telah ada di 500 belahan dunia, di 33 negara sudah digunakan. Serta produk furniture Indonesia dari Olympic yang telah mengekspor produknya hampir ke 100 negara di dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.