Sukses

Perkembangan Terbaru Proyek Jalan Tol di tengah Pandemi, Simak Rinciannya

Secara keseluruhan proyek Jalan Tol Bawen-Yogya akan pemasukan penawaran pada 18 Agustus 2020. Bagaimana tol lainnya?

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Tetap melanjutkan pengerjaan proyek jalan tol di tengah wabah pandemi virus corona (Covid-19). Begitu pula untuk sejumlah proyek yang belum mulai pengerjaan, proses persiapannya terus dilakukan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, salah satu inisiasi proyek jalan tol yang kini tengah dilanjutkan yakni Jalan Tol Bawen-Yogyakarta sepanjang 77 km.

"Progresnya secara keseluruhan Bawen-Yogya akan pemasukan penawaran pada 18 Agustus 2020, sekarang sedang lelang," kata Basuki saat rapat bersama Komisi V DPR RI di Jakarta, Rabu (24/6/2020).

Selanjutnya, ia memaparkan perkembangan proyek lanjutan Tol Bawen-Yogyakarta, yakni Jalan Tol Yogyakarta-Solo. Diharapkan proyek tersebut dapat dilakukan penandatanganan kontrak pada September atau Oktober tahun ini, untuk kemudian pengerjaannya dimulai akhir 2020.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tol Cileunyi

Lebih lanjut, Basuki juga turut memaparkan progres proyek Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas) yang kini sedang lelang prakualifikasi, lalu Tol Palembang-Jambi dan Tol Probolinggo-Banyuwangi atau Probowangi.

"Palembang-Jambi usulan penlok (penetapan lokasi), kemudian Probowangi itu target konstruksi mulai akhir 2020," jelas dia.

 

3 dari 3 halaman

Tol Sukabumi

Proyek Tol Sukabumi-Cianjur-Padalarang pun jadi sorotannya. Dia memproyeksikan pengerjaan jalan tol lanjutan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi tersebut baru bisa dimulai pada 2022 mendatang.

"Sukabumi-Cianjur-Padalarang sedang proses basic design, dan lelang 2021. Konstruksi mulai tahun 2022," ujar Basuki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.