Sukses

Libatkan TNI, Pemerintah akan Buat Badan Cadangan Pangan Strategis

Bappenas berencana akan membentuk badan cadangan pangan secara strategis.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional atau Bappenas berencana akan membentuk badan cadangan pangan secara strategis. Langkah ini ini dilakukan untuk memperkuat sistem ketahanan pangan nasional.

"Bahkan kita mencoba susun sebuah (badan) cadangan strategis pangan yang sedang dipikirkan adalah ada lembaga, badan cadangan pangan strategis nasional," kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappena) Suharso Monoarfa, di Komisi XI DPR RI, Jakarta, Rabu (24/5).

Suharso mengatakan badan ini nantinya akan dikelola oleh TNI, mengingat militer memiliki kemampuan dalam mengelola pangan dalam keadaan darurat. Apalagi banyak negara kini memiliki cadangan pangan strategis untuk memenuhi kebutuhan nasional.

"Karena di dunia militer itu, waktu perang ada tiga hal yang harus dimiliki. Bukan hanya amunisi perang tapi sistem kesehatan, makanya punya rumah sakit, dokter dan sebagainya, ketiga, pangan," jelas dia.

Dia berharap rencana untuk memperkuat sistem ketahanan pangan bisa dilakukan mulai tahun depan. Saat ini Pemerintah masih akan mencari lokasi untuk penyimpanan cadangan pangan strategis ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cetak Sawah Baru

Suharso melanjutkan pada tahun depan pemerintah juga menargetkan cetak baru 165 ribu hektare lahan sawah. Dengan ini diharapkan Indonesia akan memiliki ketahanan pangan yang lebih baik, terlebih ketika terjadi kelangkaan bahan pangan saat tidak ada musim panen.

"Sistem ketahanan pangan ini dari konsumsi, produksi, berikan target berapa gabah kering giling. Panen kita itu bergeser Maret-April sama Juli-Agustus. Tapi begitu memasuki Oktober-November sampai Februari melandai sekali, itu karena cuaca," ungkap dia.

"Bagaimana kita bisa punya simpanan pada bulan-bulan itu? Selama ada namanya cadangan beras nasional, berapa yang harus disiapkan? Kalau terjadi lonjakan harga? Apakah kita mesti impor atau tidak? Jadi kami juga desain sistem itu," pungkasnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.
    Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.

    TNI

  • Bappenas adalah kementerian yang mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintah di bidang perencanaan pembangunan nasional.

    Bappenas

  • Pangan

  • pertanian