Sukses

Menkop Minta Pemda Dukung Kampanye Bangga Buatan Indonesia

Kampanye Gerakan Masyarakat Bangga Buatan Indonesia (Germas BBI) perlu digerakan oleh pemerintah daerah semua provinsi

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengatakan kampanye Gerakan Masyarakat Bangga Buatan Indonesia (Germas BBI) perlu digerakan oleh pemerintah daerah semua provinsi. Tujuannya agar UMKM di daerah bisa terhubung dengan pasar yang bisa menjangkau secara luas.

"Germas BBI ini harus digerakan di daerah-daerah di semua provinsi," kata Teten dalam webinar bertajuk 'Peran Aktif Pemerintah Daerah dalam Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia', Jakarta, Selasa, (23/6).

Teten menilai hal ini perlu dilakukan agar UMKM di daerah juga bersaing dengan pasar tingkat nasional. Sebab masih banyak UMKM di daerah yang belum terhubung dengan pasar nasional.

Saat ini kata Teten banyak aplikasi digital yang berkembang di daerah. Perkembangan digital ini dilakukan dengan model pendekatan capital market.

Mantan Kepala Staf Kepresidenan ini mengatakan pernah mendatangi pasar tradisional di DKI Jakarta. Dari hasil kunjungannya tersebut, masih banyak pedagang yang belum memiliki aplikasi platform digital sebagai alternatif penjualan.

Meski begitu sudah ada beberapa pedagang juga yang sudah memanfaatkan lapak online untuk menjual produknya.

"Sebagian sudah terhubung meski belum sempurna," kata Teten.

Dia melanjutkan, jika ada produk pertanian atau peternakan yang tidak terserap oleh pasar, sebaiknya pemerintah daerah bisa memberikan dukungan. Salah satunya dengan membumikan lagi program Germas BBI yang dikampanyekan pemerintah pusat.

"Kami koordinasi dengan kepala dinas agar daerah ikut jadi bagian Germas BBI," kata Teten.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kempanye Lewat Iklan

Selain kerja sama dengan pemerintah daerah, pihaknya juga melakukan berbagai kampanye melalui iklan. Mulai dari membubuhkan tagline 'Germas BBI' pada platform digital, video tron di lokasi strategis hingga membuat katalog digital dan penjualaan secara langsung dengan QR code.

"Ini sudah jalan, kami libatkan Pemda lewat Pusat Layanan Terpadu (PLUT)," ujarnya.

Teten menambahkan, Kementerian Koperasi dan UKM juga ikut melakukan kurasi brand produk unggulan yang berasal dari produk luar negeri. Dalam hal ini pemerintah melibatkan komunitas pegiat dan pengrajin UMKM untuk dilakukan pemilihan standar produk. Sehingga para pelaku usaha bisa langsung belajar dan menentukan target konsumen yang diinginkan.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.