Sukses

Patut Ditiru, 8 Kebiasaan Atur Keuangan demi Masa Depan Cerah

Berikut ini adalah 10 kebiasaan finansial fantastis yang akan membantu menuju keamanan finansial.

Liputan6.com, Jakarta Terdapat kebiasaan-kebiasaan hebat yang bisa membantu menjalani kehidupan dengan lebih baik. Salah satunya berkaitan dengan keuangan.

Namun kebiasaan ini sejatinya harus secara konsisten dilakukan. Berikut ini adalah 8 kebiasaan finansial yang akan membantu keamanan finansial, dilansir dari laman The Balance, Jumat (26/6/2020).

1. Membuat Simpanan Pensiun Otomatis

Idealnya, gaji harus diatur sedemikian rupa sehingga Anda secara otomatis memiliki simpanan uang saat tua nanti, atau pensiun.

Uang ini harus ditarik keluar dari gaji setiap bulannya. Ini demi menghindari penggunaan untuk keperluan sehari-hari yang bisa menggagalkan simpanan pensiun tersebut.

Jika Anda wiraswasta, siapkan transfer bulanan otomatis dari akun simpanan ke akun pensiun. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengotomatiskan kontribusi pensiun diri sendiri.

2. Miliki Asuransi atau Rekening Tabungan Kesehatan

Ini tidak hanya melindungi, tetapi juga bertindak sebagai dana darurat tambahan yang digunakan untuk pengeluaran terkait kesehatan.

3. Perhatikan Tingkat Bunga Pinjaman

Jika Anda berada dalam lingkungan suku bunga rendah dan memiliki kesempatan untuk membiayai kembali, maka pertimbangkan kembali bunga hipotek Anda.

 

 

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Atur Pembayaran Tagihan Otomatis

Dengan melakukan ini, Anda tidak akan pernah secara tidak sengaja melewatkan pembayaran dan terkena biaya keterlambatan dan biaya bunga.

 

5. Tinjau Sejarah Kredit 

Selain itu, periksa kredit Anda setidaknya satu hingga dua kali per tahun dan cari kesalahan atau kemungkinan terkena kegiatan penipuan. Jika Anda menemukan sesuatu yang terlihat mencurigakan, ikuti terus dan caru tahu.

6. Pelihara Kendaraan dan Rumah dengan Baik

Ya, Anda memang akan mengeluarkan sedikit dimuka untuk biaya pemeliharaan kendaraan maupun rumah. Tetapi ini akan mengurangi risiko bahwa Anda harus berurusan dengan biaya yang lebih besar saat kendaraan atau rumah mengalami kerusakan.

 

3 dari 3 halaman

7. Analisis Premi Asuransi Setidaknya Setahun Sekali

Lihatlah polis asuransi mobil, rumah, kesehatan, dan asuransi jiwa. Lihat apakah Anda dapat menghemat uang dengan beralih ke paket yang menawarkan premi lebih rendah dengan potongan yang lebih tinggi. Pastikan Anda memiliki tabungan yang memadai untuk menutupi risiko ini.

8. Pertahankan Dana Darurat

Pastikan ini mewakili setidaknya tiga hingga enam bulan dari biaya hidup inti Anda. Jangan menyentuh dana ini karena alasan apa pun kecuali keadaan darurat yang mengerikan, yang idealnya harus jarang terjadi atau tidak pernah sama sekali.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.