Sukses

Perang Dingin AS-China Lebih Mengerikan dari Corona?

Ekonom Jeffrey Sachs menyalahkan pemerintah AS yang dinilai hanya menambah panas situasi dengan China.

Liputan6.com, Jakarta - Sengkarut konflik dagang antara dua kekuatan ekonomi dunia, Amerika Serikat dan China, dikhawatirkan lebih melukai ekonomi dunia dibandingkan pandemi Corona yang belum kunjung mereda hingga saat ini.

Hal itu diungkapkan oleh Ekonom Jeffrey Sachs. Sachs bilang, dunia akan menuju ke periode 'gangguan besar tanpa kepemimpinan' setelah pandemi Corona. Pertikaian tak berujung antara 2 negara itu dinilai memperparah kondisi ekonomi global.

Dikutip dari laman BBC, Senin (22/6/2020), Sachs menyalahkan pemerintah AS yang dinilai hanya menambah panas situasi.

"Kekuatan AS ditunjukkan hanya untuk kekuatan, bukan untuk kerja sama," ujarnya dalam sebuah wawancara dengan BBC Business Report.

Menurutnya, langkah ini dilakukan Amerika untuk menciptakan perang dingin babak baru dengan China.

"Jika benar itu terjadi, maka kita tidak akan kembali normal. Ini akan lebih kontroversial dan menimbulkan bahaya yang lebih besar dari kenyataannya," lanjutnya.

Apalagi seiring berjalannya waktu, konflik AS dan China melebar bukan hanya di sektor perdagangan saja. Pekan ini, Presiden Amerika Serikat Donald Trump menandatangani UU yang mengesahkan sanksi terhadap pejabat China yang bertanggung jawab atau penindasan umat Muslim di Xinjiang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perusahaan Teknologi China

Lalu, AS juga melarang perusahaan teknologi China, Huawei untuk menggunakan teknologi chip negaranya. Lalu, perusahaan teknologi China di'bidik' dan dicurigai sebagai mata-mata Pemerintah untuk melumpuhkan AS.

Namun, mantan Penasihat Keamanan Nasional John Bolton bilang, bisa jadi langkah Trump ini merupakan bagian dari taktik politik agar dirinya bisa kembali memimpin AS.

"AS kehilangan kesempatannya untuk 5G, yang mana 5G itu sangat penting di era ekonomi digital. Dan Huawei mengambil bagian yang lebih besar di pasar global," ujar Sachs.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.