Sukses

Bulog Telah Serap Hampir 700 Ribu Ton Beras Petani

Penyerapan beras Bulog hampir mencapai 50 persen dari target penyerapan beras Bulog yang sebesar 1,4 juta ton di 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Perum Bulog telah menyerap gabah setara beras hampir sekitar 700 ribu ton hingga pertengahan Juni 2020. Jumlah tersebut hampir mencapai 50 persen dari target penyerapan beras Bulog yang sebesar 1,4 juta ton di 2020.

"Sekarang udah sekitar 600 ribu lah. Per kemarin lah, udah hampir 700 (ribu ton)," kata Sekretaris Perusahaan Perum Bulog Awaludin Iqbal saat berbincang dengan Liputan6.com di kantornya, Jakarta, Jumat (19/6/2020).

Awaludin menjelaskan, Bulog telah menjalankan titah untuk menyediakan cadangan beras pemerintah (CBP) antara 1-1,5 juta ton setiap tahunnya. Untuk 2020, Bulog menyiapkan stok CBP sekitar 1,35 juta ton.

Selain itu, ia melanjutkan, Bulog juga tetap menyalurkan beras dalam rangka Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH). Adapun besaran penyalurannya di tiap daerah berbeda-beda tergantung permintaan.

"Untuk tahun ini, penyaluran kita apa yang disebut dengan KPSH, itu fluktuatif. Yang namanya operasi pasar kan ketersediaan pasokan sangat tergantung dari kebutuhan masyarakat," ujar Awaludin.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terbagi

Menurut dia, penyaluran beras juga dipengaruhi oleh faktor daerah yang terbagi dalam kawasan sentra produksi dan bukan sentra produksi.

Sebagai contoh, Sulawesi Selatan yang merupakan wilayah sentra penghasil beras, namun sekarang KPSH-nya agak rendah lantaran sudah terpenuhi oleh produksi sendiri dan penduduknya tidak banyak.

"Jawa sentra produksi, tapi permintaannya besar. Itu pasti suplai di masyarakatnya relatif besar. Tinggal kita lihat kebutuhan masyarakatnya. Kalau di Jawa meski suplainya besar, demand-nya juga besar," tukas Awaludin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.