Ancol Mulai Buka Sabtu Besok, Simak Jam Operasionalnya

Oleh Liputan6.com pada 19 Jun 2020, 12:00 WIB
Diperbarui 19 Jun 2020, 12:00 WIB
Ancol
Perbesar
Manajemen memperpanjang penutupan sementara Taman Impian Jaya Ancol (Dok. Taman Impian Jaya Ancol)

Liputan6.com, Jakarta - Taman Impian Jaya Ancol tengah bersiap untuk beroperasi kembali dalam masa transisi menuju skema new normal atau kenormalan baru. Kawasan wisata terpadu ini akan dibuka kembali dan melayani pengunjungnya pada hari Sabtu, 20 Juni 2020.

Meski begitu, pihak Manajemen Ancol akan melakukan pembatasan jumlah pengunjung secara bertahap sampai dengan 50 persen dari kapasitas normal. Bahkan, melarang anak dibawah usia lima tahun, Ibu hamil, dan usia di atas 50 tahun berekreasi di Ancol.

"Selain itu selama masa PSBB Transisi, Manajemen hanya mengijinkan warga ber-KTP DKI Jakarta saja yang dapat melakukan pembelian tiket dan reservasi untuk berekreasi ke Ancol. Diluar area tersebut akan dilakukan penyesuaian dikemudian hari melihat situasi dan kondisi pandemi covid-19," kata Head Corporate Communication Taman Impian Jaya Ancol, Rika Lestari saat dihubungi Merdeka.com, Jumat (19/6/2020).

Selain itu, sambung Rika, penerapan protokol kesehatan Covid-19 menjadi prioritas manajemen kepada seluruh pengunjung, karyawan dan mitra yang ada dalam kawasan Ancol. Diantaranya, batas suhu maksimal yang ditetapkan adalah 37,3℃, penggunaan masker yang menutup hidung dan mulut, serta membawa masker cadangan merupakan hal wajib.

Lalu, pengaturan physcal distancingdi semua area dengan jarak 1,5 - 2 meter, mencuci tangan dengan sabun lebih sering di tempat yang telah disediakan, membawa peralatan pribadi seperti alat makan serta alat ibadah, juga dianjurkan untuk membawa hand sanitizer pribadi bila diperlukan setiap saat.

"Jika melanggar, maka tidak dapat memasuki kawasan Ancol. Atau menjadwalkan kembali kunjungannya," tegas Rika.

 

2 dari 3 halaman

Penjualan Tiket Online

Ditutup Sementara, Lokasi Wisata Dunia Fantasi Disterilisasi
Perbesar
Petugas menyemprotkan disinfektan wahana di Dufan, Ancol, Jakarta, Sabtu (14/3/2020). Taman Impian Jaya Ancol ditutup sementara. Hal ini sesuai Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 16 Tahun 2020 Tentang Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Risiko Penularan COVID-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Dia menambahkan, selama masa operasional terbatas Ancol tidak melayani pembelian tiket di loket secara tunai. Adapun, pembelian tiket hanya data dilakukan secara daring melalui website resmi Ancol di www.ancol.com.

Nantinya, pengunjung wajib mengisi data diri dan formulir pernyataan yang tercantum dalam website. Pembelian juga sudah mencakup tiket Gerbang Ancol dan unit rekreasi, namun pengunjung membawa kendaraan diwajibkan membeli tiket kendaraan di halaman tiket tersebut.

"Unit rekreasi juga akan dilakukan pembukaan secara bertahap, yang akan dibuka terlebih dahulu adalah kawasan Pantai, Allianz Ecopark, Pasar Seni, Dunia Fantasi (Dufan), Ocean Dream Samudra dan Sea World Ancol, serta restoran yang berada di dalam kawasan Ancol dan penginapan Putri Duyung Resort serta Pulau Bidadari. Sementara untuk unit rekreasi air Atlantis Water Adventures dipersiapkan akan dibuka pada tahap selanjutnya," terang dia.

Berikut ini informasi jam operasionalnya:

1. Pintu Gerbang Ancol : pukul 06.00 – 18.00 WIB

2. Pantai dan Kawasan Ancol : pukul 06.00 – 20.00 WIB

3. Dunia Fantasi : pukul 10.00 – 17.00 WIB

4. Ocean Dream Samudra dan Seaworld Ancol : pukul 09.00 – 17.00 WIB

5. Allianz Ecopark : pukul 07.00 – 17.00 WIB

 

Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓