Sukses

Menteri Teten Minta Apindo Bantu UMKM Naik Kelas

Menteri Teten sudah banyak melakukan diskusi dengan Apindo agar bisa membagikan atau mentransfer pengetahuan dari usaha besar kepada UMKM.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masduki mengapresiasi gerakan “Apindo UMKM Akademi” yang diinisiasi oleh Asosiasi Pengusaha Indonesia dan BPJS Ketenagakerjaan. Gerakan ini ditujukan untuk para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia baik yang terdampak covid-19 ataupun tidak.

“Saya menyambut dengan gembira dan memberikan apreasisi setinggi-tingginya dengan dibentuknya Apindo UMKM Akademi ini. Saya kira akan memberikan manfaat banyak bagi UMKM untuk keluar dari situasi sulit seperti sekarang. UMKM bisa adaptasi bisnis, mengembangkan inovasi bisnis, mengembangkan pasar, dan sebagainya,” kata Teten dalam acara peresmian Apindo UMKM Akademi, Rabu (17/6/2020).

Teten mengaku sudah banyak melakukan diskusi dengan Apindo agar bisa membagikan atau mentransfer pengetahuan dari usaha besar kepada UMKM. Apindo diharapkan bisa dibimbing dalam membangun ekosistem pembiayaan, mengembangkan pasar, maupun masuk ke ekosistem digital. Dengan begitu, UMKM bisa tumbuh dan berkembang, serta bertahan di tengah pandemi covid-19 ini.

“Saya memberikan apresiasi atas komitmen Apindo yang bekerjasama membangun perekonomian Indonesia lebih baik dan khususnya membantu UMKM. Dukungan ini menjadi penting karena kita tahu struktur ekonomi Indonesia ini 99 persen masih didominasi oleh sektor informal atau UMKM, dan 98 persen lainnya saya melihat masuk dalam ekonomi subsistem yaitu pelaku usaha yang memang lebih bertujuan cukup untuk bertahan hidup saja,” jelasnya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kemitraan

Teten melanjutkan, selama ini Pemerintah sudah berusaha untuk memajukan bisnis UMKM. Bahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) selalu menekankan mengenai pentingnya kemitraan antara UMKM dan pengusaha besar.

“Karena dari berbagai studi baik World Bank dan beberapa studi di dalam negeri, memang UMKM yang bisa berkembang dan naik kelas yang bermitra dengan usaha besar, penting sekali kemitraan UMKM dengan Pengusaha besar. Sekarang ini masih sedikit yang bermitra,” tegasnya.

Teten pun berharap agar ke depan, masalah-masalah yang dihadapi UMKM bisa dipermudah, ketika bermitra dengan usaha besar. Serta dengan adanya Apindo UMKM Akademi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah bisa cepat berkembang ke arah digital di tengah pandemi yang tak pasti ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Usaha mikro kecil menengah atau (UMKM) adalah istilah umum dalam khazanah ekonomi.

    UMKM

  • Teten Masduki kini menjabat sebagai Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah di Kabinet Indonesia Maju.

    Teten Masduki

  • APINDO adalah singkatan dari Asosiasi Pengusaha Indonesia.

    apindo

  • BPJS Ketenagakerjaan merupakan badan hukum publik yang bertugas melindungi seluruh pekerja melalui program jaminan sosial ketenagakerjaan.

    BPJS Ketenagakerjaan