Sukses

Mau Sukses Jadi Wirausahawan, Miliki Dulu 5 Sikap Ini

Anda harus mempunyai karakter-karakter yang harus dimiliki seorang pengusaha, jika ingin memulai suatu bisnis dan mencapai kesuksesan.

Liputan6.com, Jakarta Semua tentu tahu, tidak semua pengusaha atau wirausahawan langsung bisa meraih kesuksesan. Karena tidak ada istilah kesuksesan instan atau cepat.

Semua diawali dengan kegagalan dan jatuh bangun dalam memulainya. Lalu apakah Anda memiliki keberanian dengan kegagalan? Tentu tidak semua orang berani dengan hal itu.

Anda tentu harus mempunyai karakter-karakter yang harus dimiliki seorang pengusaha, jika ingin memulai suatu bisnis dan mencapai kesuksesan.

Dikutip dari laman Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menegah (LPDB KUMKM), Kamis (18/6/2020), berikut 5 karakter yang yang wajib dimiliki seorang pebisnis:

1. Memiliki kemauan keras

Ini adalah modal awal untuk memulai bisnis. Memiliki ide segar saja tidak cukup, Anda harus memiliki kemauan keras dan mimpi untuk menikmati hasil bisnis yang dijalankan.

2. Bertekad kuat

Berimprovisasi itu bagus, namun lebih bagus lagi jika Anda menjalankan bisnis sesuai dengan action plan yang telah Anda susun sebelumnya.

Untuk selalu berada di jalur yang sudah dirancang memang tidak mudah karena akan banyak gangguan yang menggiurkan Anda untuk mencoba. Anda harus memiliki tekad yang benar-benar kuat untuk menjalankan action plan tersebut.

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Berani mengambil risiko

Bisnis selalu berhadapan dengan risiko. Besar atau kecilnya risiko dilihat dari seberapa besar keberanian yang Anda miliki untuk mengambil risiko tersebut.

Anda harus ingat bahwa di balik semua kegagalan ada kesuksesan besar yang menunggu. Jadi, jangan pernah takut mengambil risiko yang sudah Anda pikirkan matang-matang.

4. Tahan banting dan tidak cengeng

Cobaan, tantangan, kegagalan dan kerugian adalah buah pemanis dari kehidupan bisnis. Hanya pebisnis sukses yang mampu bertahan menghadapi semua itu. Jangan takut gagal atau rugi karena dengan mengalami kegagalan dan kerugian, Anda bisa mempelajari kelemahan Anda dan mencari solusinya.

5. Ikhlas dan selalu bersyukur

Coba tanyakan kepada diri Anda sendiri, seberapa sering Anda bersyukur atas apa yang telah Anda terima? Sikap rendah hati, ikhlas dan pandai bersyukur mutlak dimiliki oleh pebisnis. Rasa ikhlas dan syukur ini membuat pebisnis dapat memaknai setiap hasil yang didapat dari bisnisnya, sekecil apapun profit usaha yang ia peroleh.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.