Sukses

Harga Minyak Naik 3 Persen Usai Prediksi Permintaan Dunia Meningkat

Harga minyak naik pada hari Selasa, dengan minyak mentah Brent naik di atas USD 40 per barel

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak naik pada hari Selasa, dengan minyak mentah Brent naik di atas USD 40 per barel, karena IEA meningkatkan perkiraan permintaan minyak untuk tahun 2020 dan karena rekor penurunan pasokan.

Dikutip dari laman CNBC, Rabu (17/6/2020), minyak mentah Brent naik USD 1,20, atau 3 persen, diperdagangkan pada USD 40,92 per barel. Minyak mentah West Texas Intermediate di USD 1,26, atau 3,39 persen lebih tinggi dari sebelumnya di USD 38,38 per barel.

Dalam laporan bulanannya pada hari Selasa, Badan Energi Internasional (IEA) memperkirakan permintaan minyak di 91,7 juta barel per hari pada tahun 2020, 500 ribu barel per hari lebih tinggi dari perkiraan dalam laporan Mei, mengutip konsumsi yang lebih tinggi dari yang diharapkan selama penguncian.

Pasokan minyak pada bulan Mei, kata IEA, anjlok hampir 12 juta barel per hari, dengan Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutunya termasuk Rusia - sebuah kelompok yang dikenal sebagai OPEC + - mengurangi produksi mereka sebesar 9,4 juta barel per hari.

Ini berarti OPEC + mencapai kepatuhan 89 persen dengan pemotongan yang disepakati pada bulan Mei, kata IEA.

OPEC +, setuju bulan ini untuk memperpanjang pengurangan produksi 9,7 juta barel per hari hingga Juli. Mereka juga meminta anggota yang belum mematuhi untuk membuat komitmen mereka dengan pemotongan tambahan nanti.

Irak, yang memiliki salah satu tingkat kepatuhan terburuk di antara produsen minyak utama, telah melakukan pemotongan besar pada pasokan minyak mentahnya ke Asia pada bulan Juli.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dibayangi Gelombang Kedua Virus Corona

Di tempat lain, produsen AS juga mengurangi pengeboran di tengah jatuhnya permintaan minyak.

Tetapi kekhawatiran tentang gelombang kedua viris corona membebani pasar.

Kasus virus corona meningkat menjadi lebih dari 8 juta di seluruh dunia pada hari Senin, dengan infeksi melonjak di Amerika Latin, sementara Amerika Serikat dan Cina sedang menghadapi wabah baru. Tetapi beberapa pengamat mengatakan mereka tidak berharap untuk melihat kembali ke penguncian ketat yang terlihat pada awal tahun.

"Jika dunia memperlakukan gelombang COVID-19 kedua seperti pada paruh pertama tahun ini, maka kita berada dalam pengurangan permintaan yang tidak ada dalam perencanaan awal," kata Kepala Pasar Minyak di Rystad Energy Bjornar Tonhaugen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.