Sukses

Mendag Minta Mal Terapkan Protokol Kesehatan Secara Ketat

Mendag Agus Suparmanto melakukan peninjauan pelaksanaan protokol kesehatan new normal ke Mal Kota Kasablanka Jakarta Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto melakukan peninjauan pelaksanaan protokol kesehatan ‘new normal’ ke Mal Kota Kasablanka Jakarta Selatan. Ia mengapreasiasi protokol kesehatan yang diterapkan oleh mal tersebut yang sesuai dengan arahan dari pemerintah.

“Memang dalam menghadapi Covid-19 ini, kita harus mensikapi dengan tegas artinya protokol kesehatan ini harus kita patuhi, saya juga lihat protokol kesehatan ini patut diberikan apresiasi bisa sebagai contoh, karena di DKI ini ada sekitar 70 mal, mudah-mudahan protokol ini bisa dijadikan acuan yang diterapkan secara ketat dan disiplin,” kata Agus, dalam kunjungannya ke mal Kasablanka, Selasa (16/6/2020).

Menurutnya memang tujuan dibukanya kembali pusat perbelanjaan dan mal, bertujuan agar sektor ekonomi tidak makin terpuruk. Oleh karena itu, pemerintah bersinergi dengan lembaga terkait untuk membuka kembali aktivitas perdagangan salah satunya di pusat perbelanjaan.

“Sektor ekonomi agar tidak terpuruk lebih dalam maka saatnya dibuka aktivitas perdagangan untuk menggerakkan sendi-sendi perekonomian kita. Namun, sesuai arahan bapak Presiden keselamatan dan kesehatan masyarakat menjadi prioritas utama dalam melaksanakan protokol kesehatan ini,” ujarnya.

Lebih lanjut Agus menambahkan, dengan adanya pandemi covid-19 dampaknya mampu mengubah  budaya masyarakat  Indonesia, baik dari segi sosial maupun penerapan teknologi, yang secara tidak langsung masyarakat Indonesia didorong untuk menggunakan teknologi.

“Kita memang sudah banyak perubahan, budaya kita sudah banyak yang berubah mulai dari tata cara masuk, dan menyapa, yang semula menyapa  saling senyum dan bersalaman. Ini menjadi perubahan budaya yang mendasar,” ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perlu Gotong Royong

Maka dari itu, Agus menegaskan perlu ada rasa gotong royong dan bahu membahu dalam menghadapi situasi yang sulit ini. Ia pun optimis dengan melihat kondisi sekarang bahwa masyarakat Indonesia bisa melalui situasi ini.

“Dibukanya kegiatan perdagangan di sini (mal Kasablanka) yaitu belanja, namun demikian tempat ibadah, saya melihat tempat ibadah di sini sangat baik, saya lihat musholanya cukup baik sehingga memberikan kenyamanan bagi konsumen, supaya roda perekonomian bergerak, di sini juga ada UMKM dan didukung dengan pembukaan kembali mal. Dengan pembukaan PSBB ini patut kita banggakan karena proses ini sudah di mulai,” ungkapnya.

Demikian, Menteri Agus mengatakan dalam satu bulan ke depan pihaknya akan melakukan evaluasi penerapan new normal ini dengan Pemerintah Daerah dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Jika memang ada hal-hal yang bisa kita antisipasi, marilah bersama-sama mendukung dan mematuhi protokol kesehatan,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.