Sukses

Ingin Belajar Bisnis? Coba Ikut Gelaran Ini

Pasar Indonesia masih tetap menarik di mata investor yang ingin berinvestasi di Asia.

Liputan6.com, Jakarta - Hartanah Cerdas Bangsa akan menggelar StartupScaleX: Online Summit 2020. Gelaran ini ditujukan untuk memberikan pembelajaran bagi pebisnis muda atau startup di Indonesia cara-cara menggaet investor. 

Gelaran Startup ScaleX Summit akan dilaksanakan pada 25-27 Juni 2020. Sasarannya adalah pelaku startup yang ingin mendapatkan jawaban 'Apa Selanjutnya' di era new normal seiring pandemi Covid-19.

CEO Hartanah Cerdas Bangsa dan inisiator Startup ScaleX Summit 2020 Dee Ferdinand menjelaskan, edukasi bisnis menjadi penting dalam kondisi saat ini. Krisis memaksa pola bisnis berubah lebih cepat. Beberapa bisnis harus bermanuver atau mengubah navigasi bisnisnya akibat pandemi.

Beberapa pelaku memetik buah manis dan bahkan sukses melakukan strategi exitnya, sebagian lain masih terus berjuang. Sumber daya tersedia namun belum mumpuni secara kemampuan yang dibutuhkan atau pun ketidaksiapan si empunya bisnis untuk terus berkomitmen untuk mempertahankan bisnisnya.

Sementara pasar Indonesia masih tetap menarik di mata investor yang ingin berinvestasi di Asia. Tidak mengherankan juga jika investor dan industri VC (Venture Capital) juga masih memetakan keputusan untuk menaruh dana investasinya. Yang menarik adalah biasanya beberapa pemilik bisnis tidak sepenuhnya mengerti bagaimana mereka bisa menarik investor. Ataupun mereka juga tidak dibekali bagaimana strategi exit yang tepat.

“Di sini kita melihat ada kesenjangan antara industry VC dan pemilik startup / bisnis. Edukasi bisnis saat ini adalah cara yang paling tepat untuk mempersempit jurang dua sumbu penting tersebut, pemilik bisnis dan investor, apalagi di era new normal ini” terang Dee Ferdinand dalam keterangan tertulis, Selasa (16/6/2020).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mentor

Mentor serta startup yang dihadirkan selama tiga hari ini akan membuka mata para pemilik bisnis dan startup bagaimana mereka tetap bisa bertahan saat krisis, apa saja strategi yang diambil saat harus pivot atau bermanuver. Bagaimana mereka mendapatkan pendanaan, serta bagaimana mereka menghadapi new normal iklim bisnis ke depannya.

“Semua pemilik bisnis ataupun yang masih merintis memiliki akses yang sama pada pendidikan, silakan manfaatkan sebaik-baiknya. Kita juga ingin terus hadir untuk membuat iklim investasi ini lebih baik di Indonesia tentunya,” kata Dee.

Chandra Firmanto, Managing Partner Indogen Capital, yang telah memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun di bisnis keluarga dan investasi, mengatakan pemilik bisnis wajib mengetahui bagaimana cara menarik investor, apa teknologi inovatif saat ini, kapan harus exit dan perhitungannya. Di sini investor dan pemilik bisnis harus memiliki kolaborasi (Sinergi) yang baik.

"Di event ini kami berharap pemilik bisnis bisa melihat potensi dari bisnisnya dan mengembangkannya lebih besar ketika waktunya dengan konsep pendanaan,” kata Chandra Firmanto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini