Sukses

Di Tengah Corona, Mampukah Pemerintah Indonesia Genjot Investasi?

Pemerintah RI kini tengah berupaya membangun kepercayaan kepada investor global

 

Liputan6.com, Jakarta Head of Indonesia at TMF Group Alvin Christian menilai, Pemerintah RI kini tengah berupaya membangun kepercayaan kepada investor global untuk kembali masuk ke Indonesia di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi.

"Saya pikir pemerintah menunjukan gairah, semangat dan komien untuk menjadikan negara lebih baik dan lebih efisien sebagai destinasi investasi," kata dia dalam sesi teleconference, Selasa (16/6/2020).

Alvin mengatakan, upaya tersebut terpancar dari penetapan angka indikator ekonomi makro, yang tetap dipatok tumbuh positif dalam skenario terburuk.

"Kalau kita mengacu pada Gubernur Bank Indonesia (Perry Warjiyo) dan Menteri Keuangan (Sri Mulyani), kita bisa lihat target PDB 2,3 persen di skenario paling parah, mengalami kontraksi 0,4 persen," paparnya.

Selain itu, ia menambahkan, komitmen lain pemerintah juga terlihat dari upaya membuat nilai tukar rupiah berada di bawah level Rp 15 ribu per dolar Amerika Serikat.

"Nilai tukar mata uang target di bawah Rp 15 ribu merupakan bentuk komitmen dari Gubernur Bank Indonesia untuk memastikan pasar terangkat," ujar dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Paling Ruwet

Namun, Alvin menekankan, berdasarkan penelitian yang dilakukan TMF, Indonesia kini merupakan salah satu negara dengan aturan bisnis paling kompleks di dunia.

"Tapi pada saat yang sama pemerintahan Jokowi berkomitmen dan termotivasi tinggi untuk lanjut meningkatkan kemudahan melakukan bisnis di Indonesia," pungkas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.