Sukses

Bantu Penanganan Corona, Protelindo Donasikan 3 Robot ke RS di Jawa Timur

Protelindo berkolaborasi dengan ITS berinisiatif mendonasikan 3 buah Robot hasil karya ITS Unair

Liputan6.com, Jakarta - PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo) melalui program Protelindo Berbagi hadir dengan memberikan donasi di Jawa Timur.

Protelindo Berbagi berkolaborasi dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berinisiatif mendonasikan 3 buah Robot hasil karya ITS Unair, yaitu Robot RAISA (Robot medical Assistant ITS Airlangga) kepada Rs Dr Soetomo Surabaya dan RS Saiful Anwar, Malang.

Robot Pelayan Pasien Covid-19 yang bisa melakukan komunikasi dua arah sehingga dapat menanyakan keluhan pasien dan juga bisa mengambil suhu temperatur. Robot ini dioperasikan oleh operator dan dilengkapi dengan sensor, sehingga bisa berjalan sesuai arah yang ditentukan

"Protelindo terus berkomitmen untuk dapat berperan serta membantu pemerintah dan masyarakat dalam menanggulangi Covid-19. Dalam kesempatan ini kami sangat bersyukur dapat berkolaborasi dengan teman-temen dari ITS untuk memberikan bantuan berupa Robot untuk membantu para petugas medis di Rumah Sakit. Semoga Robot Raisa dan bantuan APD yang kami berikan ini dapat memberikan dukungan secara maksimal kepada para petugas medis yang sedang bertugas," ujar Direktur Protelindo Indra Gunawan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (15/6/2020).

Robot RAISA merupakan produk inovasi yang dibuat berdasar kebutuhan rumah sakit. Robot ini bisa membantu tenaga kesehatan dalam melaksanakan tugas rutin tanpa menurunkan kualitas terhadap pasien Covid-19.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diperlukan Rumah Sakit

Robot ini sangat diperlukan rumah sakit rujukan Covid-19, dan bantuan donasi Robot RAISA dari PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo) dan ITS kepada RS Dr Soetomo, Surabaya dan RS. Dr. Saiful Anwar Malang akan sangat membantu untuk mengurangi frekuensi dan durasi interaksi antara tenaga kesehatan dengan pasien Covid-19.

"Dengan demikian pada akhirnya bisa mengurangi risiko penularan Covid-19 terhadap tenaga medis. Untuk bantuan donasi ini, kami ucapkan terimakasih. Kedepan kami harapkan Protelindo bisa memberikan donasi lagi karena masih banyak rumah sakit yang memerlukan robot RAISA." ujar Rektor ITS, Prof. Dr. Ir. Mochamad Ashari M.Eng.

Dilain kesempatan Protelindo Berbagi juga akan mendonasikan 2000 APD lengkap dengan faceshield, 5000 buah masker medis kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan juga akan mendonasikan 1000 APD lengkap dengan faceshield beserta 1000 buah masker medis kepada KODAM V Brawijaya.

Protelindo akan terus mengadakan program kemanusiaan dalam bentuk peduli terhadap lingkungan baik di sekitar pemukiman warga ataupun di sekitar tower kami dan terus berupaya menjadi yang terbaik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.