Sukses

Resmi Meluncur, ORI017 Bisa Dipesan Mulai Hari Ini

Peluncuran ORI017 ini mengusung tema Menjaga Negeri Lewat Investasi.

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini, Senin (15/6/2020), Pemerintah meluncurkan ORI017 melalui acara peluncuran Surat Berharga Negara (SBN) Ritel pertama yang dilakukan secara virtual. Peluncuran ORI017 kali ini mengusung tema Menjaga Negeri Lewat Investasi.

Pada sambutannya, Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, Luky Alfirman menyampaikan bahwa kondisi pandemi COVID-19 merupakan sesuatu yang tidak pernah diperkirakan akan terjadi oleh bangsa ini. ORI017 hadir di tengah kondisi ketidakpastian saat ini untuk menjadi alternatif investasi utama bagi masyarakat.

Peluncuran ORI017 dinilai sangat tepat dalam kondisi saat ini karena masyarakat memerlukan investasi yang aman, mudah, terjangkau serta dapat dicairkan sebelum jatuh tempo.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Surat Utang Negara, Deni Ridwan mengungkapkan bahwa selama PSBB atau sebagian perusahaan menerapkan WFH, justru tren investasi makin meningkat.

"Kita melihat justru pada saat terjadi WFH ini, justru investor yang berinvestasi di pasar saham justru bertambah. Jadi yang mengajukan SID itu justru meningkat.

Menurut Deni, hal ini juga dikarenakan pendapatan yang tetap, sementara pengeluarannya berkurang, seperti untuk bepergian dan juga untuk momentum mudik lebaran tahun ini yang ditiadakan, sehingga uang yang tidak terpakai semakin banyak.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Instrumen Pembiayaan APBN

Selain itu, ORI017 merupakan instrumen pembiayaan APBN, yang artinya hasil dari penerbitan ORI akan digunakan untuk pembiayaan APBN termasuk untuk penanggulangan dan pemulihan dari pandemi Covid-19.

"Nah makanya kita berani menawarkan ORI pada periode ini karena melihat memang dana masyarakat di perbankan juga makin tinggi, artinya ada cash yang bisa diinvestasikan di ORI," kata Deni.

Membeli ORI017 menandakan partisipasi langsung dari masyarakat dalam upaya pemulihan pembangunan dan perekonomian Indonesia.

Masyarakat yang berminat untuk berinvestasi di ORI017 saat ini sudah dapat melakukan registrasi dengan cara menghubungi 25 Mitra Distribusi yang telah ditetapkan melayani pemesanan pembelian secara langsung melalui sistem elektronik (layanan online).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.