Sukses

BPD Perlu Gandeng Fintech demi Bertahan di Tengah Corona

BPD dinilai memiliki kelebihan yakni kedekatan dengan masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI), Adrian Gunadi mengatakan Bank Pembangunan Daerah (BPD) berpotensi berkolaborasi dengan perusahaan fintech dalam mengembangkan bisnis di industri keuangan.

BPD dinilai memiliki kelebihan yakni kedekatan dengan masyarakat.

"BPD memiliki kelebihan lebih dekat dengan masyarakat," kata Adrian dalam Webinar LPPI bertajuk 'Inovasi Layanan Keuangan Saat New Normal, Bank Tradisional VS Challenger Bank', Jakarta, Senin (15/6).

Adrian melanjutkan, di tengah pandemi ini, BPD bisa mengambil peluang bekerja sama dengan perusahaan fintech. Jenis kerja sama yang dilakukan bisa disesuaikan dengan fokus bisnis yang bisa dikembangkan.

BPD sebagai bank daerah bisa melakukan identifikasi strategi bisnis yang cocok untuk dikembangkan. Setelah itu, BPD bisa bekerja sama dengan perusahaan yang memiliki fokus dalam bidang yang sama.

"BPD ini bisa melihat ekosistem yang bisa di digitalisasinya seperti apa," kata dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Contoh Kerjasama

Dia mencontohkan kerja sama yang dilakukan bank dengan perusahaan fintech yakni kolaborasi BRI di sektor Tani Hub. Bank daerah juga bisa bekerja sama dengan perusahaan startup.

"Beberapa ini bisa diaplikasikan sesuai dengan masing-masing wilayah sebagai pilot model," kata Adrian.

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.