Sukses

Bawang Putih hingga Laptop China Banjiri Indonesia di Mei 2020

Mayoritas impor Indonesia berasal dari China

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat impor Indonesia pada Mei 2020 sebesar USD 8,44 miliar. Angka tersebut turun sebesar 32,65 persen jika dibandingkan dengan posisi April 2020.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, mayoritas impor Indonesia berasal dari China. Adapun beberapa barang yang diimpor dari negara Tirai Bambu tersebut pada bulan lalu adalah bawang putih, transmisi dan laptop.

"Berdasarkan negara impor utama masih berasal dari Tiongkok (China). Di sana impor selama Mei 2020 kontribusinya sebesar 28,13 persen. Pada Mei 2020 ini impor utama dari Tiongkok adalah bawang putih, transmisi dan laptop," ujarnya, Jakarta, Senin (15/6).

Sementara itu, impor kedua berasal dari Amerika Serikat. Beberapa komoditas barang yang diimpor dari negara Paman Sam tersebut antara lain kacang kedelai (soybean), gandum dan kapas.

"Di sisi lain, impor dari negara Asean masih menyumbang 19,81 persen ke Indonesia. Selanjutnya dari Uni Eropa sebesar 7,73 persen," jelas Suhariyanto.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Impor Turun

Total impor Mei berdasarkan penggunaan barang, impor barang konsumsi selama Januari-Mei mengalami penurunan sebesar 10,32 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Lalu, bahan baku dan penolong mengalami penurunan 15,28 persen.

"Demikian juga barang modal mengalami penurunan 11,75 persen. Sementara komposisinya tidak berubah 75 persen impor kita berupa bahan baku penolong, 15,33 persen merupakan barang modal," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.