Jelang Buka 20 Juni, Ancol Gelar Rapid dan Swab Test untuk Seluruh Karyawan

Oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana pada 12 Jun 2020, 15:00 WIB
Diperbarui 12 Jun 2020, 15:00 WIB
Ditutup Sementara, Lokasi Wisata Dunia Fantasi Disterilisasi
Perbesar
Petugas menyemprotkan disinfektan wahana di Dufan, Ancol, Jakarta, Sabtu (14/3/2020). Taman Impian Jaya Ancol ditutup sementara. Hal ini sesuai Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 16 Tahun 2020 Tentang Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Risiko Penularan COVID-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Taman Impian Jaya Ancol tengah mempersiapkan berbagai hal menjelang dibukanya kembali operasional kawasan hiburan tersebut pada 20 Juni 2020 nanti. Salah satunya, dengan mempersiapkan sumber daya manusia atau petugas operasional yang akan melayani para pengunjung.

Dalam upaya memastikan pelayanan saat beroperasi kembali, Manajemen Ancol menggelar Rapid dan Swab Test Covid-19. Tes tersebut dilaksanakan secara bertahap dan tahap pertama telah berjalan pada Kamis, 11 Juni 2020, di Gedung Ecovention Allianz Ecopark Ancol.

Kegiatan tes tahap pertama ini diikuti 200 peserta petugas gugus depan atau frontliner di lingkungan Taman Impian Jaya Ancol. Kegiatan ini juga merupakan dukungan dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta melalui Suku Dinas Kesehatan Kota Jakarta Utara.

Direktur PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Bertho Darmo Poedjo Asmanto, mengatakan bahwa pandemi virus corona memberikan dampak yang cukup signifikan kepada Ancol.

"Namun saat dibukanya kembali kawasan wisata tersebut nanti, manajemen berkomitmen untuk tetap menyajikan pelayanan dan hiburan yang berkualitas dengan memprioritaskan kesehatan, keselamatan, keamanan, dan kenyamanan bagi semua pihak," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (12/6/2020).

2 dari 3 halaman

Dilakukan Secara Bertahap

Ditutup Sementara, Lokasi Wisata Dunia Fantasi Disterilisasi
Perbesar
Petugas mengenakan pakaian pelindung menyemprotkan disinfektan di Dunia Fantasi (Dufan), Ancol, Jakarta, Sabtu (14/3/2020). Pembersihan sejumlah wahana di Dufan dengan menggunakan cairan disinfektan guna mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Bertho menyatakan, Rapid dan Swab test ini rencananya dilakukan kepada seluruh karyawan, mitra dan tenaga alih daya PT Pembangunan Jaya Ancol beserta anak usaha secara bertahap.

"Hal ini juga sebagai upaya meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol dan menunjukkan keseriusan dan kesungguhan manajemen untuk melayani seluruh pemangku kepentingan (stakeholders) secara prima," ungkapnya.

Selain itu, ia menambahkan, Manajemen Ancol juga mempersiapkan peraturan baru yang mudah diingat bernama Senang Selamat Bareng Bareng atau #SSBB. Peraturan ini akan diterapkan langsung saat Ancol kembali beroperasi.

"Semuanya demi menjaga agar semua pihak yang berada di kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol dapat tetap beraktivitas dengan optimal dan dapat kembali dengan selamat," pungkas dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓