Sukses

Kemendag Sebut Harga Gula Kembali Normal, Sesuai HET Rp 12.500 per Kg

Harga gula sempat meroket di atas HET sebelum dan sesudah Idul Fitri.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) memastikan harga gula sudah kembali normal sesuai harga eceran tertinggi (HET) yakni sebesar Rp 12.500 per kilogram (Kg). Seperti diketahui sebelumnya, harga gula memang sempat meroket di atas HET sebelum dan sesudah Idul Fitri.

“Harga gula kini telah mengalami penurunan yang sangat signifikan dibandingkan dengan saat bulan Ramadan," kata Plt. Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Suhanto, di Jakarta, Jumat (12/4)6).

Dia menambahkan selain harga sudah kembali normal, pihaknya juga menjamin ketersediaan pasokan gula di pasar rakyat dan ritel modern. Khusus ritel modern, jaminan ketersediaan pasokan gula ini juga didukung Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo).

"Untuk itu, masyarakat tidak perlu khawatir karena harga relatif stabil sesuai HET, yaitu Rp12.500 per Kg,” imbuh Suhanto.

Untuk beberapa wilayah yang harga gula masih mahal, Kementerian Perdagangan telah memerintahkan kepada produsen dan distributor untuk memasok komoditas tersebut melalui operasi pasar atau langsung ke pedagang pasar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Bawang Putih Terkendali

Tak hanya gula, pihaknya juga menyebut bahwa harga bawang putih pun sudah terkendali dari yang sebelumnya sempat mengalami lonjakan drastis.

Berdasarkan pantauan di 223 pasar di 34 provinsi di seluruh Indonesia, harga bawang putih Honan rata-rata nasional Rp27.600 per Kg dan bawang putih kating Rp31.800 per Kg.

“Harga tersebut sudah turun jauh dibandingkan sebelum dikeluarkannya kebijakan relaksasi impor bawang putih. Sehingga dapat terlihat, kebijakan yang dikeluarkan Kemendag untuk menstabilkan harga bawang putih sudah mencapai sasaran,” jelas Suhanto.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.