Sukses

Menteri Teten Ingin GrabMerchant Percepat Proses Go Digital UMKM

Pandemi Covid-19 telah menyebabkan perubahan perilaku konsumen yang signifikan terhadap layanan berbasis online di seluruh dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki berharap aplikasi GrabMerchant dapat menjadi salah satu solusi bagi UMKM untuk meningkatkan produktivitas para pelaku UMKM domestik. Aplikasi tersebut juga diharapkan mempercepat proses go digital UMKM.

"Aplikasi ini juga kami harapkan bisa menjadi jalan keluar yang baik bagi UMKM. Agar semakin mudah dalam memberikan layanan konsumen," kata Teten dalam keterangan tertulis, Kamis (11/6/2020).

Menurutnya, penggunaan teknologi untuk aktivitas ekonomi sejalan dengan upaya pemerintah menerapkan pembatasan fisik (physical distancing) pada setiap aktivitas ekonomi di masyarakat. Langkah strategis ini diharapkan dapat menekan penyebaran pandemi covid-19 di Tanah Air.

GrabMerchant, yang mencakup aplikasi dan web portal, dilengkapi dengan fitur-fitur yang mudah digunakan oleh para mitra merchant guna menjalankan dan mengelola bisnis mereka secara menyeluruh.

Aplikasi GrabMerchant akan membantu mitra merchant dalam mengelola operasional bisnis sehari-hari dan mengakses fitur-fitur penunjang pertumbuhan bisnis mereka.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perubahan Perilaku

Sementara itu, Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan, bahwa pandemi Covid-19 telah menyebabkan perubahan perilaku konsumen yang signifikan terhadap layanan berbasis online di seluruh dunia.

"Platform GrabMerchant ini bertujuan membantu percepatan transformasi digital para UMKM di Indonesia, dengan menyediakan solusi bisnis berbasis digital yang mudah digunakan untuk membantu UMKM memulai, menjalankan, dan mengembangkan bisnis online secara mandiri," jelas Neneng.

Muhammad Faisyal, pengusaha Kongkowrongok asal Bandung membagi pengalamannya dalam menggunakan GrabFood sejak 2016. Menurut dia layanan aplikasi ini sangat membantu dalam mengelola kedua toko online secara efisien.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.