Sukses

Trevor Milton, Miliarder Baru yang Belajar Bisnis dari Jualan Permen

Oleh teman-temannya, Trevor Milton dijuluki sebagai wirausahawan yang tak pernah penyerah.

Liputan6.com, Jakarta - Trevor Milton, pendiri perusahaan otomotif Nikola Motor resmi menjadi miliarder usai perusahaan yang dibangunnya tersebut sukses melantai di bursa saham atau melakukan initial public offering (IPO). Harta pria yang masih berusia 38 tahun tersebut naik menjadi USD 4,6 miliar atau kurang lebih Rp ‭64,46 triliun (estimasi nilai tukar rupiah 14.014 per dolar AS).

Harga saham Nikola, perusahaan yang fokus membuat truk bertenaga listrik dan hidrogen, melesat ke level USD 37 setelah go public, memberi Milton kekayaan bersih USD 5 miliar. Namun kemudian nilai saham Nikola turun ke USD 37 sehingga kekayaannya juga turun menjadi USD 4,6 miliar. 

Oleh teman-temannya, Milton dijuluki sebagai wirausahawan yang tak pernah penyerah. Ia memulai membuka bisnis sendiri pada usia 29 tahun. Ia telah membangun lima bisnis lain sebelum Nikola, dua di antaranya gagal tetapi cukup memberinya pelajaran berharga.

“Saya kehilangan semua yang saya miliki, dua kali,” kata dia melansir dari laman CNBC, Kamis (11/6/2020).

“Tidak ada yang melewati lima perusahaan pada usia saya dan kehilangan dua di antaranya,” sambung Milton.

Meski Trevor Milton dan Nikola menolak mengomentari kekayaan bersihnya dan juga posisinya sebagai seorang miliarder. Dalam sebuah wawancara Milton mengatakan dia tidak memiliki rencana untuk menjual sahamnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Asah Kemampuan Sejak Dini

Milton tumbuh di Utah, dan harus berjuang dengan keluarga yang tersisa setelah ibunya meninggal karena kanker ketika dia masih muda. Dorongan kewirausahaannya dimulai sejak dini. Di sekolah, ia menjual permen kepada anak-anak lain demi keuntungan.

Dia mencoba kuliah, tetapi memutuskan keluar setelah satu tahun. Dia memulai perusahaan pertamanya, perusahaan alarm dan pengawasan pada tahun 2003 dan menjualnya beberapa tahun kemudian. Dia kemudian meluncurkan perusahaan ritel yang gagal sebelum akhirnya meluncurkan Nikola.

November lalu, Milton membayar USD 32,5 juta untuk sebuah peternakan mewah seluas 2.670 hektar di Utah, yang menetapkan rekor harga baru bagi negara. Properti ini memiliki rumah di tepi sungai seluas 16.800 kaki persegi dengan delapan kamar tidur, kamar mandi, ruang biliar, bioskop, gudang anggur, dan gym.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini