Sukses

Cadangan AS Melimpah, Harga Minyak Malah Naik

Harga Minyak dunia naik pada perdagangan Rabu

Liputan6.com, Jakarta - Minyak menguat pada hari Rabu. Bahkan ketika data AS menunjukkan persediaan minyak mentah naik ke rekor tertinggi. Hal ini menghidupkan kembali kekhawatiran kelebihan stok yang terus-menerus karena permintaan yang lemah.

Stok minyak mentah naik 5,7 juta barel dalam sepekan hingga 5 Juni menjadi 538,1 juta barel, menurut laporan Administrasi Informasi Energi AS.

"Seperti halnya ekonomi yang lebih luas, kita melihat rebound tetapi tidak ada yang menempatkan kita di mana kita berada setahun yang lalu," kata Matt Smith, direktur riset komoditas di Clipper Data seperti diktuip dari CNBC, Kamis (11/6/2020).

Minyak mentah Brent naik 34 sen menjadi USD 41,52 per barel. West Texas Intermediate naik 66 sen, atau 1,7 persen, menjadi USD 39,60 per barel setelah jatuh lebih dari 2 persen di sesi ini.

Departemen Energi AS mengatakan pada hari Rabu bahwa mereka telah membeli 126.000 barel minyak mentah untuk cadangan strategis AS dan sekaligus mendukung harga minyak.

Inventaris melebihi harapan analis dan dibangun pada minggu ketiga berturut-turut impor besar dari Arab Saudi, yang mencapai lebih dari 1,5 juta barel per hari. Selama perang harga antara Arab Saudi dan Rusia pada bulan Maret dan April yang menjadikan kerajaan meningkatkan ekspor minyak.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Brent telah lebih dari dua kali lipat sejak jatuh ke level terendah 21 tahun di bawah USD 16 pada bulan April, tetapi beberapa analis berpikir harga telah naik terlalu jauh dengan pandemi masih memangkas permintaan.

"Faktor makro yang telah mendukung kompleks energi selama lebih dari sebulan dapat mereda secara karena kenaikan kuat dalam ekuitas mulai tampak terlalu matang," Jim Ritterbusch, presiden Ritterbusch and Associates di Galena, Illinois, mengatakan dalam sebuah laporan.

Harga telah didukung sebagai Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC), Rusia dan lainnya, sebuah kelompok yang dikenal sebagai OPEC +, memangkas pasokan minyak sebesar 9,7 juta barel per hari (bpd), sekitar 10 pesen dari permintaan pra-pandemi. OPEC + sepakat pada hari Sabtu untuk memperpanjang pemangkasan rekor pasokan untuk bulan berikutnya hingga akhir Juli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.