Sukses

Kendaraan Boros, Simak 6 Tips Menghemat Bahan Bakar Ini

Harus diingat bahwa cadangan minyak mentah terbatas, yang berarti penting untuk menghemat bahan bakar sebanyak yang kita bisa.

Liputan6.com, Jakarta Bahan bakar adalah sumber daya alam yang sangat penting di dunia untuk menggerakan motor atau mesin, termasuk untuk kendaraan. Namun demikian, harus diingat bahwa cadangan minyak mentah mulai terbatas. Ini berarti penting untuk menghemat bahan bakar sebanyak yang kita bisa.

Sementara mobil listrik tengah dipelajari sebagai alternatif untuk kendaraan berbahan bakar bensin dan diesel. Adaptasinya akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat diterima secara luas seperti kendaraan konvensional.

Untuk itu, Liputan6.com merangkum tips sederhana yang dapat membantu Anda menghemat bahan bakar seperti melansir laman timesnownews, Jumat (11/6/2020).

1. Gaya mengemudi atau berkendara dengan santai

Kebanyakan orang tidak bisa santai saat melihat jalanan kosong. Bahkan, saat jalanan tengah padat merayap sekalipun ketika ada celah seakan ingin "sikat" saja.

Manuver seperti ini sering melibatkan akselerasi yang instan, diikuti dengan pengereman instan, dan menghasilkan penurunan seketika dalam penghematan bahan bakar.

Sebagai gantinya, Anda disarankan untuk bersikap lebih lunak. Dengan melepaskankopling secara perlahan, akselerasi dengan lembut, dan yang terpenting, bersabarlah.

Ini tidak hanya aman untuk Anda dan pengguna kendaraan lain di jalan, tetapi juga baik untuk penghematan bahan bakar kendaraan.

2. Matikan kunci kontak saat mode idle

Mobil yang berjalan saat idle adalah pedang bermata dua karena membuang bahan bakar dan mencemari lingkungan. Jadi, biasakan mematikan mesin saat tidak digunakan.

3. Gunakan AC dengan bijaksana

Semua tahu bahwa AC adalah kebutuhan di sebagian besar negara karena suhu. Tetapi jika cuaca di luar cukup segar, coba matikan AC dan buka jendela kendaraan. Tapi ingat, jangan menurunkan jendela saat dalam kecepatan tinggi atau di jalan raya. Turunkan jendela saat kendaraan berada pada kecepatan pelan atau santai.

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Perawatan yang tepat

Pastikan membawa kendaraan roda dua atau mobil ke bengkel tepat waktu dan menyervis mesin secara menyeluruh. Juga, dapatkan pembaharuan berkala untuk komponen seperti saringan udara, saringan oli, dan lainnya. Jangan lupa, gunakan jenis oli mesin yang telah direkomendasikan oleh pembuat kendaraan.

5. Kecepatan Stabil

Sebagian besar kendaraan disetel untuk menghasilkan efisiensi bahan bakar terbaik saat digunakan pada kecepatan tertentu pada gigi tertinggi. Biasanya, antara 50 km / jam hingga 90 km / jam, tergantung pada kendaraan.

Jadi, cobalah untuk memindahkan gigi ketika Anda merasa mesin semakin berat atay jemu. Ini akan mengkonsumsi lebih sedikit bahan bakar dan akan bermanfaat bagi mesin juga.

6. Tekanan ban yang tepat

Tekanan rendah pada ban memperluas bidang yang menyentuh tanah dan menyebabkan lebih banyak gesekan antara karet dan jalan.

Akibatnya, mesin terpaksa menggunakan lebih banyak energi untuk mengatasi gesekan ini, yang menyebabkan lebih banyak konsumsi bahan bakar daripada biasanya. Jadi, mempertahankan tekanan ban yang tepat tidak hanya dapat menghemat bahan bakar, tetapi juga supaya ban awet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.