Sukses

5 Tips untuk Tetap Tenang dan Bebas Cemas di Situasi New Normal

Selain disiplin menerapkan protokol kesehatan new normal ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan untuk menciptakan rasa tenang dan aman menghadapi new normal.

Liputan6.com, Jakarta Penerapan New Normal atau kenormalan baru membuat masyarakat lebih longgar untuk ke luar rumah dan beraktivitas normal seperti biasanya. Dimulainya kembali aktivitas perkantoran pun membuat lalu lintas kembali ramai dengan kendaraan bermotor. Halte busway, stasiun dan terminal juga langsung dipadati penumpang. Bahkan antrian panjang tak terelakkan.

Bertemu banyak orang dan berada di tengah keramaian tentu menimbulkan perasaan khawatir dan cemas mengingat pandemi virus belum berakhir. Oleh karena itu, selain disiplin menerapkan protokol kesehatan new normal ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan untuk menciptakan rasa tenang dan aman ketika beraktivitas di luar rumah.

1. Pastikan Kondisi Sehat dan Bugar 

Sebelum ke luar rumah dan berangkat bekerja, pastikan kondisi tubuh kamu dalam keadaan sehat dan bugar. Konsumsi makanan sehat, vitamin, cukup istirahat, dan rutin berolahraga untuk meningkatkan sistem imun. Ketika ada tanda-tanda atau gejala umum Covid-19 sebaiknya tetap berada di rumah sambil mengobati diri sendiri hingga sembuh dan sehat kembali.

2. Disiplin Physical Distancing

Walaupun sudah beraktivitas normal kembali, tetap lakukan physical distancing. Kalau pun menjaga jarak 1 meter sulit terjadi, minimal tidak bersentuhan langsung dengan kulit. Oleh karena itu, selain menggunakan masker dan sarung tangan, dianjurkan juga untuk menggunakan jaket, bertransaksi non tunai dengan dompet digital hingga menggunakan helm sendiri ketika menaiki ojek online atau ojek pangkalan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Fokus pada Hal-Hal yang Bisa Dikontrol

Berada di luar rumah dan tempat umum, membuat segalanya tak bisa kita atur atau kontrol. Maka dari itu fokuslah kepada sesuatu yang dapat kamu kendalikan, seperti bagaimana cara agar tidak tertular virus corona. Beberapa hal mudah yang bisa kamu lakukan seperti menjaga kesehatan tubuh, mencuci tangan dengan sabun, menghindari menyentuh wajah, menghindari kerumunan, dan menghindari belanja barang yang tidak penting.

4. Jalin Komunikasi dengan Teman dan Keluarga

Menjaga hubungan agar tetap terjalin juga menjadi kunci yang dapat kamu lakukan untuk menghindari kecemasan yang diakibatkan COVID-19. Saling mendukung dan menenangkan satu sama lain dapat kita lakukan dengan tetap menjaga hubungan baik dengan keluarga dan teman. Begitu juga ketika berinteraksi maupun bersosialisasi, saat mengetahui ada orang yang tidak tertib protokol kamu bisa tegur dan ingatkan dia. Saling mengingatkan dan menjaga satu sama lain penting untuk menciptakan ketenangan.

5. Kuatkan Mental dan Berpikir Positif

Memiliki rasa cemas dan khawatir dalam situasi seperti ini merupakan hal yang wajar, namun jangan sampai berlebihan yang justru bisa membuat kamu takut dan stres. Kuatkanlah mental dan penuhi pikiranmu dengan hal-hal positif. Terlebih pikiran yang positif juga semakin membuat sistem imun menjadi kuat sehingga bisa menangkal virus.

Selain menjaga kesehatan tubuh, mental dan disiplin menerapkan protokol kesehatan, untuk melindungi diri dan memberikan rasa tenang selama beraktivitas di situasi new normal adalah dengan memiliki asuransi kesehatan dan jiwa. Asuransi memiliki beragam manfaat yang sangat penting. Selain membantu menghadapi risiko ketidakpastian dan kejadian yang tak terduga di masa depan, juga mampu meningkatkan rasa tenang dan percaya diri bagi pemiliknya.

Salah satu faktor yang membuat masyarakat bimbang memiliki asuransi adalah imej premi yang kerap disebut-sebut mahal. Kamu tak perlu khawatir lagi soal premi karena sekarang ada asuransi kesehatan dan jiwa dengan premi mulai Rp8.000. Tak hanya premi yang terjangkau, cara memiliki asuransinya pun sangat mudah.

Siaga perlindungan diri dan keluarga, dompet digital DANA menghadirkan fitur DANA Siaga dan menu baru pembelian asuransi kesehatan dan jiwa yang mengcover kasus Covid-19. Pengguna aplikasi DANA bisa membeli asuransi jiwa dengan premi mulai Rp8.000 untuk 1 bulan dengan manfaat Rp10 juta dan juga membeli asuransi kesehatan dengan premi mulai Rp9.900 dengan manfaat maksimal Rp3 juta. Informasi selengkapnya kamu bisa cek langsung di aplikasi DANA.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by DANA Indonesia (@dana.id) on

Kapan idealnya beli asuransi jiwa dan kesehatan? Sekarang, selagi kuat dan sehat. Semakin cepat maka semakin hemat. Segera beli asuransi kesehatan dan jiwa di aplikasi DANA dan rasakan langsung perlindungan ekstra. Bagi kamu yang belum punya DANA, bisa langsung download aplikasinya di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.