Sukses

Ekonomi Indonesia Diprediksi Pulih Total pada 2023

Ekonomi Indonesia akan benar-benar pulih pada 2023 mendatang, dengan perkiraan ditemukannya vaksin Covid-19 pada 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Seiring dengan perkembangan Covid-19 di Indonesia, Pemerintah mulai mencanangkan berbagai program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), bahkan beberapa daerah termasuk DKI Jakarta telah melonggarkan masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk kembali memutar roda perekonomian yang sempat lumpuh imbas pandemi Covid-19.

Terkait hal ini, Tim Asistensi Menko Perekonomian, Raden Pardede memperkirakan bahwa ekonomi Indonesia akan benar-benar pulih setidaknya pada 2023 mendatang, dengan perkiraan ditemukannya vaksin Covid-19 pada tahun 2021.

"Perkiraan pola pemulihan ekonomi di bulan Maret drop, bulan April juga masih turun, di bulan Mei mulai off dan di bulan Juni mulai exit," paparnya dalam Ngopi Teko Perspektif Pemulihan Ekonomi dan Kenormalan Baru, Selasa (9/6/2020).

 

"Ini akan terus berlangsung pemulihan ini sampai dengan vaksin ditemukan tahun depan. mudah-mudahan tahun depan kita sudah mendapatkan vaksin dan tersebar ke seluruh masyarakat," sambung dia.

Sementara, Raden menambahkan jika vaksin sudah ditemukan tahun depan, maka ekonomi Indonesia akan membaik, namun belum pulih seperti sedia kala sebelum pandemi.

"Jadi harapan kita, tahun depan ketika vaksin ditemukan ini akan pulih sebagian tapi belum kembali pada posisi (sebelum covid-19),"

"Mungkin butuh waktu setengah tahun sampai 1 tahun lagi, 2022 atau 2023 baru kembali kepada (keadaan) pre covid-19," pungkas Raden.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bank Dunia Prediksi Ekonomi Indonesia Tumbuh Nol Persen Tahun Ini

Ekonom senior Bank Dunia Ralph van Doorn memproyeksikan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2020 ini akan menurun hingga 0 persen akibat dampak penyebaran virus corona (Covid-19).

Perkiraan itu muncul dengan bersandar pada penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang diterapkan pemerintah selama dua bulan, terhitung sejak April dan Mei 2020.

"Pertumbuhannya diproyeksikan akan 0 persen di 2020 sebagai efek dari Covid-19, lantaran adanya pembatasan sosial berskala besar," kata Van Doorn dalam sesi teleconference, Selasa (2/6/2020).

Van Doorn mengatakan, prediksi tersebut dibuat berdasarkan beberapa indikator. Seperti perlambatan di sektor konsumsi oleh pihak swasta akibat aksi PHK besar-besaran, serta turunnya aktivitas ekonomi dan kepercayaan konsumen.

Selain itu, investasi yang melambat juga disebutnya turun berpengaruh. Menurut dia, wabah pandemi telah menimbulkan ketidakpastian pada investor, harga komoditas menurun, hingga perlambatan ekonomi global.

"PSBB berkepanjangan sampai 4 bulan juga akan membuat pertumbuhan ekonomi terkontraksi hingga 3,5 persen," sambung Van Doorn.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.