Sukses

Harga Minyak Anjlok 3 Persen karena Arab Saudi Tak Mau Potong Produksi

Sebelumnya, OPEC+ sepakat untuk mempertahankan pemotongan tersebut pada Juli. Namun kemudian otoritas Arab Saudi berkata lain.

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak dunia turun lebih dari 3 persen pada penutupan perdagangan Senin (Selasa pagi waktu Jakarta). Penurunan harga minyak ini terjadi setelah Arab Saudi mengatakan bahwa pengurangan produksi OPEC tidak termasuk dengan pengurangan sukarela dari 3 produsen minyak Teluk.

Mengutip CNBC, Selasa (9/6/2020), setelah mengalami kenaikan dalam 7 sesi berturut-turut, harga minyak berjangka Brent turun USD 1,30 atau 3,1 persen menjadi USD 41 per barel.

Sedangkan untuk harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) turun USD 1,36 atau 3,44 persen menjadi USD 38,19 per barel.

Dalam perdagangan sesi ini, harga minyak WTI sempat menyentuh level tertinggi sejak awal maret di angka USD 40 per barel.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Arab Saudi

Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan juga Rusia atau biasa disebut dengan OPEC+, sepakat pada bulan April lalu akan memotong pasokan minyak sebesar 9,7 juta barel per hari (bph) pada Mei dan Juni. Langkah pemotongan ini dalam upaya untuk menopang harga yang sempat runtuh karena pengaruh virus Corona.

Pada pertemuan Sabtu lalu, OPEC+ sepakat untuk mempertahankan pemotongan tersebut pada Juli. Namun, Menteri Energi Saudi Pangeran Abdulaziz bin Salman mengatakan pada konferensi pers pada hari Senin bahwa kerajaan dan sekutu Teluk Kuwait dan Uni Emirat Arab tidak akan melakukan pemotongan produksi pada Juli seperti yang mereka lakukan bulan ini.

"Akan terlalu bagus untuk menjadi kenyataan terjadi pemotongan sukarela di saat kita melihat defisit pasokan," kata Bjornar Tonhaugen dari Rystad Energy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.