Sukses

Tiga Sektor Industri Ini Paling Siap Masuk Era New Normal

Pemerintah mengklaim sektor pertambangan, perkebunan dan konstruksi paling siap dibuka kembali di masa transisi new normal

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah mengklaim sektor pertambangan, perkebunan dan konstruksi paling siap dibuka kembali di masa transisi menuju kondisi normal baru atau new normal.

Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Septian Hario Seto dalam keterangan di Jakarta, Senin, mengatakan pembukaan sektor pertambangan, perkebunan, dan konstruksi akan mempercepat realisasi komitmen investasi di Indonesia.

"Sektor pertambangan adalah salah satu sektor yang dibuka terlebih dahulu oleh pemerintah. Kita juga siapkan sektor konstruksi, sebab sektor ini mendatangkan investasi cukup besar. Ada LRT, kereta cepat Jakarta-Bandung. Kalau proses konstruksinya tidak jalan maka ini bisa menghambat," katanya seperti dikutip dari Antara, Senin (8/6/2020).

Terkait pembukaan kembali sektor pertambangan dan konstruksi, Seto mengatakan kementerian terkait telah menyiapkan protokol kesehatan yang harus diterapkan oleh para pekerja di kedua sektor tersebut.

Namun, pembukaan kembali sektor pertambangan dan konstruksi saat new normal akan dilakukan bertahap sesuai dengan kondisi perkembangan kasus COVID-19 di suatu daerah.

"Kita akan lihat daerah per daerah. Daerah mana yang kasus COVID-19 sudah terkendali. Kita akan mengikuti acuan tersebut," katanya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengawasan

Seto berpesan agar setiap pemangku kepentingan di tiap sektor ekonomi secara ketat mengawasi penerapan protokol kesehatan. Hal itu perlu dilakukan agar gelombang kedua penyebaran COVID-19 tidak terjadi di Indonesia.

"Soal pengawasan protokol kesehatan, saya menilai tingkat kedisiplinan masyarakat dalam memakai masker sudah tinggi. Mungkin tinggal physical distancing dan cuci tangan. Nanti tinggal tingkat kedisiplinan sektor usahanya mengingatkan karyawan atau customer yang datang agar mematuhi protokol mereka," ucapnya.

Sebelumnya, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 mempersilakan sembilan sektor ekonomi untuk dibuka kembali di masa transisi menuju normal baru atau new normal.

Ada pun sembilan sektor yang ditetapkan untuk dibuka kembali meliputi pertambangan, perminyakan, industri, konstruksi, perkebunan, pertanian dan peternakan, perikanan, logistik, dan transportasi barang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.