Dear Pekerja, Inilah Deretan Pekerjaan Bergaji Tinggi

Oleh Athika Rahma pada 09 Jun 2020, 08:00 WIB
Diperbarui 09 Jun 2020, 08:00 WIB
Rupiah Menguat di Level Rp14.264 per Dolar AS
Perbesar
Ilustrasi gaji. (Liputan6.com/Angga Yuniar )

Liputan6.com, Jakarta Gaji merupakan pertimbangan pertama ketika seseorang memilih sebuah pekerjaan. Hal tersebut wajar karena sebagian besar orang bekerja untuk memenuhi kehidupannya masing-masing yang tentu saja membutuhkan uang.

Maka dari itu, bekerja sesuai bidang dengan gaji yang besar merupakan impian semua orang.Kebanyakan orang menganggap bahwa pengacara dan dokter merupakan dua profesi yang memberikan gaji tinggi.

Namun sayangnya tidak semua orang mampu berhasil dan sukses di bidang tersebut. Pasalnya, untuk menjadi pengacara dan dokter dibutuhkan pendidikan yang tinggi pula.

Tidak bisa bekerja di profesi-profesi tersebut bukan berarti tidak bisa mendapatkan gaji yang tinggi. Ada beberapa jenis pekerjaan yang jarang diketahui dan dilirik masyarakat namun ternyata menawarkan gaji yang sangat besar.

Penasaran apa saja pekerjaan yang bisa memberikan Anda gaji tinggi? Bagi yang ingin mencobanya, simak ulasannya berikut ini seperti yang dikutip dari Cermati.com, Selasa (8/6/2020).

1. Penulis Teknis

Jika berprofesi sebagai penulis teknis, maka Anda memiliki tanggung jawab untuk menerjemahkan sebuah jargon teknik yang membingungkan dan juga rumit agar bisa dimengerti oleh masyarakat awam. Singkatnya, seorang penulis teknis bertugas untuk menyederhanakan hal-hal.

Gelar yang dibutuhkan agar bisa mendapatkan profesi ini yaitu sarjana dalam menulis, komunikasi, atau jalur pendidikan serupa.

Sementara gaji seorang penulis teknis rata-rata yaitu mencapai angka USD 70.000 dalam satu tahun atau setara dengan Rp 978,6 juta.

2. Pengawas Lift

Pengawas lift memiliki tanggung jawab yang cukup besar yaitu memastikan bahwa lift berfungsi dengan baik sehingga mampu menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti lift macet atau kecelakaan lain.

Profesi ini, Anda perlu memiliki ijazah pelatihan, sekolah menengah, serta pengalaman yang cukup panjang. Namun, gaji yang ditawarkan sebagai pengawas lift bisa mencapai USD 64.000 atau Rp894,7 juta per tahun.

 

2 dari 3 halaman

3. Pemburu Buronan

Bekerja di Kantor
Perbesar
Ilustrasi Foto Bekerja di Kantor (iStockphoto)

Terdengar cukup menyeramkan, namun pemburu buronan merupakan pekerjaan yang menawarkan gaji tinggi. Biasanya pemburu buronan ini akan diberikan imbalan berupa uang jika mampu menangkap buronan negara.

Tak perlu berpendidikan tinggi, sebagai buronan hanya diperlukan keberanian, keterampilan melacak dan menangkap. Meski begitu, gaji yang diberikan yaitu sekitar USD 79.000 atau Rp 1,1 miliar per tahun.

4. Cartographer

Secara singkat, Cartographer bertugas untuk membuat peta. Namun tidak hanya sekedar menggambar saja, Anda yang berprofesi sebagai Cartographer harus mampu menganalisis data geografis misalnya seperti karakteristik demografis dan kepadatan populasi.

Cartographer juga dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi dan membuat peta lebih akurat. Dengan tugas-tugas tersebut, gaji yang didapatkan Cartographer yaitu sekitar USD 61.000 per tahun atau setara Rp 852,8 juta.

SkycapsSkycaps atau petugas terminal bandara merupakan orang yang membantu penumpang selama berada di bandara. Tugas Skycaps cukup beragam yaitu seperti memeriksa tas, mengangkut koper, menurunkan barang, dan memuat barang.

Gaji dari pekerjaan ini juga tergantung dari tips yang diberikan oleh penumpang. Namun rata-rata gaji yang dihasilkan yaitu sekitar USD 80.000 setara dengan Rp 1,1 Miliar per tahunnya.

5. Ahli Hidrologi

Ahli Hidrologi merupakan seorang ilmuwan yang mempelajari segala hal tentang air. Pada intinya, pekerjaan sebagai Ahli Hidrologi memiliki tugas menjaga keamanan air yang ada sehingga manusia dan lingkungan menjadi lebih sehat.

Hidrologi sendiri merupakan cabang ilmu fisika sehingga membutuhkan pendidikan tinggi untuk masuk ke dalamnya. Sedangkan untuk gaji yang ditawarkan oleh profesi ini yaitu sekitar USD 79.900 per tahun atau sekitar Rp 1,1 Miliar.

 

3 dari 3 halaman

6. Pekerja Rig Minyak

[Fimela] ilustrasi tempat kerja
Perbesar
ilustrasi kantor | pexels.com/@rebrand-cities-581004

 

Pekerjaan dengan gaji tinggi selanjutnya yaitu pekerja rig minyak.

Profesi ini memiliki tugas yaitu memastikan bahwa utilitas listrik berfungsi dan menyala, menjadi bagian tim keselamatan, dan juga memastikan segala hal berjalan lancar. Pekerja rig minyak memiliki risiko tinggi karena bekerja di lokasi yang berisiko.

Selain itu, Anda juga harus jauh dari rumah dalam waktu yang lama jika memilih pekerjaan ini. Namun gaji untuk pekerja rig minyak cukup fantastis yaitu sebesar USD 100.000 per tahun atau setara Rp 1,3 Miliar.

7. Pembersih Forensik

Pembersih Forensik juga dikenal sebagai Pembersih Tempat Kejadian Perkara atau TKP. Sesuai namanya, tugas dari Pembersih Forensik yaitu untuk membersihkan dan mengembalikan TKP seperti semula.

Gaji yang bisa Anda dapatkan jika bekerja di bagian Pembersih Forensik yaitu sekitar USD 80.000 per tahun atau setara dengan Rp 1,1 Miliar.

8. Konsultan Feng Shui Selebriti

Konsultan Feng Shui Selebriti merupakan pekerjaan yang cukup menarik bagi sebagian orang. Adapun tugas dari Konsultan Feng Shui Selebriti yaitu memberi saran terhadap tata letak sebuah bangunan atau ruangan.

Pasalnya, orang yang menggunakannya percaya bahwa tata letak bangunan atau ruangan mampu berpengaruh pada positif atau negatifnya sebuah hasil. Untuk gaji rata-ratanya sendiri yaitu mencapai USD 250.000 per tahun atau setara dengan Rp 3,4 Miliar.HackerMungkin sebagian besar dari Anda sudah tahu pekerjaan Hacker.

Tidak hanya digunakan untuk hal-hal negatif, hacker ternyata juga bermanfaat untuk perusahaan-perusahaan tertentu. Tugas dari Hacker perusahaan adalah menggagalkan aksi peretasan dengan mencari kelemahan dari sistem keamanan perusahaan.

Hacker etis ini memiliki gaji rata-rata sebesar USD 118.000 per tahun atau Rp137,4 juta per bulannya.

Pilih Pekerjaan Sesuai dengan Passion

Gaji yang besar memang sangat menarik perhatian para pekerja. Namun, yang lebih penting kembali lagi pada passion. Jika pekerjaan tidak didasari passion, maka Anda tidak akan lama bertahan dalam pekerjaan tersebut.

Begitu sebaliknya, jika pekerjaan yang Anda pilih berdasarkan passion yang kuat, bisa dipastikan Anda akan nyaman, bahkan ada kemauan belajar tinggi untuk meningkatkan kinerja. Dengan begitu, hasil yang nantinya akan didapatkan tentunya akan menjadi lebih besar lagi.

Lanjutkan Membaca ↓