Sukses

Orang Kaya Dunia Angkat Suara soal Kasus George FLoyd di AS, Apa Kata Mereka?

Orang kaya dunia menyuarakan pemikiran, melalui memo hingga akun media sosial.

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat di sejumlah negara di dunia ramai-ramai mengutuk insiden pembunuhan terhadap pria kulit hitam, George Floyd, oleh aparat polisi kulit putih di Amerika Serikat.

Tak terkecuali para miliarder yang juga turut merespon kejadian ini melalui beberapa pernyataan. Mereka menyuarakan pemikiran, melalui memo hingga media sosial dan mengecam tindakan kesenjangan rasial.

Terjadi protes besar-besaran di AS, setelah kematian dari tiga orang Afrika-Amerika berkulit hitam, yakni Ahmaud Arbery, Breonna Taylor, dan George Floyd. Pada saat yang sama, orang Amerika kulit hitam tengah berada pada kasus yang sangat tinggi terkait Covid-19.

Melansir dari laman, Business Insider, Senin (8/6/2020), berikut daftar miliarder dunia yang angkat suara perihal kesenjangan rasial ini:

 1. Evan Spiegel

CEO Snap, Evan Spiegel mengirim memo kepada staf, menyerukan pembentukan komisi non-partisan tentang reparasi dan pajak yang lebih tinggi pada kaum ultra-kaya untuk mengatasi kesenjangan kekayaan rasial.

"Setiap menit kita diam di hadapan kejahatan dan kesalahan kita bertindak untuk mendukung pelaku kejahatan," tulis Spiegel dalam memo.

"Saya patah hati dan marah dengan perlakuan terhadap orang kulit hitam dan orang kulit berwarna di Amerika," sambungnya.

Spiegel juga berjanji untuk menyumbangkan sebagian dari kekayaannya sebesar USD 4,1 miliar untuk organisasi-organisasi anti-rasis tetapi mengatakan filantropi tidak akan "menghasilkan solusi dalam masalah ini tanpa perubahan kebijakan.

"Filantropi pribadi dapat menambal lubang, atau mempercepat kemajuan, tetapi itu saja tidak bisa melewati jurang ketidakadilan yang dalam dan luas," tulis Spiegel.

"Kita harus melintasi jurang itu bersama sebagai negara yang bersatu. Bersatu dalam perjuangan untuk kebebasan, kesetaraan, dan keadilan untuk semua," imbuh dia.

2. Melinda Gates

Melalui akun twitter miliknya,Melinda Gates menuliskan bahwa dia tidak yakin bagaimana menggunakan kekayaannya untuk mengakhiri konflik rasisme sistemik.

"Saya tidak memiliki semua jawaban tentang bagaimana saya dapat menggunakan suara dan filantropi saya untuk menjadi bagian dari solusi," tulis dia.

"Saya akan terus memperdalam pemahaman saya dan untuk berdiri dengan orang-orang dan organisasi yang bekerja menuju masa depan yang berpusat pada gender dan kesetaraan ras," sambung Melinda.

Melinda Gates dan suaminya, salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates, telah berkomitmen untuk memberikan sebagian besar kekayaan mereka sebesar USD 102 miliar melalui Giving Pledge.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg menyatakan bahwa Facebook perlu berbuat lebih banyak untuk mendukung kesetaraan dan keamanan bagi komunitas Kulit Hitam melalui platformnya, dan berjanji untuk menyumbangkan USD 10 juta.

Dalam posting Facebook-nya, Zuckerberg mengutuk sejarah ketidaksetaraan rasial Amerika Serikat dan menguraikan pekerjaan organisasinya, Inisiatif Chan Zuckerberg, mengenai masalah ini.

Meskipun ia berjanji mendukung kesetaraan rasial, Zuckerberg menolak untuk menghapus unggahan Presiden Trump yang mengancam "penembakan" para penjarah, yang menyebabkan kemarahan dari pengguna Facebook, karyawan, dan para pemimpin hak-hak sipil.

Zuckerberg menyatakan bahwa ketika ia menemukan pernyataan Trump "sangat ofensif" namun tidak melanggar kebijakan perusahaan terhadap hasutan untuk melakukan kekerasan.

Para pemimpin hak-hak sipil yang menghadiri video call pada Senin malam dengan Zuckerberg dan eksekutif Facebook lainnya, menyebut pembelaan CEO atas pendekatan lepas tangan kepada Trump "tidak bisa dipahami".

“Kami kecewa dan terpana dengan penjelasan Mark yang tidak bisa dimengerti karena membiarkan posisi Trump tetap naik,” tulis tiga pemimpin hak-hak sipil, presiden dan CEO Konferensi Kepemimpinan tentang Hak Asasi Manusia dan Hak Asasi Manusia, Vanita Gupta, presiden dan direktur-penasihat dari NAACP Legal Defense and Education Fund, Sherrilyn Ifill, dan presiden Color of Change, Rashad Robinson.

“Dia tidak menunjukkan pemahaman penindasan pemilih bersejarah atau modern dan dia menolak untuk mengakui bagaimana Facebook memfasilitasi seruan Trump untuk kekerasan terhadap demonstran,” sambung mereka dalam sebuah pernyataan.

4. Elon Musk

Tak ketinggalan, Elon Musk turut merespon peristiwa ini melalui cuitan di Twitter. Musk berbicara menentang pembunuhan Floyd pada hari Senin, dan mengunggah tagar "#JusticeForGeorge"

Menanggapi video saudara laki-laki Floyd yang berbicara dengan pengunjuk rasa, Musk menulis, "Pesan apa ini secara umum kepada petugas yang berdiri sementara yang lain melakukan kesalahan?"

 

3 dari 3 halaman

5. George Soros

George Soros akhirnya berhasil menutup teori konspirasi palsu yang mengatakan bahwa ia terlibat sebagai pihak yang bertanggung jawab atas seruan protes dan mengatakan bahwa Floyd masih hidup.

Dalam sebuah pernyataan, Juru bicara Soros mengatakan: "Kami menyesalkan anggapan yang salah bahwa orang-orang yang turun ke jalan untuk mengekspresikan kesedihan mereka dibayar, oleh George Soros atau siapa pun," tegas dia.

Para ahli teori konspirasi telah secara keliru menuduh Soros, seorang dermawan dan mantan manajer dana lindung nilai senilai USD 8,3 miliar, dari segala hal. Mulai dari berkolaborasi dengan Nazi selama Holocaust hingga mencoba memulai perang saudara di AS.

6. Jeff Bezos

CEO Amazon, Jeff Bezos berbagi esai karya Shenequa Golding tentang upaya mempertahankan profesionalisme setelah menyaksikan pria dan wanita berkulit hitam terbunuh.

"Rasa sakit dan trauma emosional yang disebabkan oleh rasisme dan kekerasan yang kita saksikan terhadap komunitas kulit hitam memiliki jangkauan panjang," tulis Bezos.

7. Robert F. Smith

Smith menulis memo tentang pengalaman sendiri dengan kekerasan rasial selama akhir pekan. Mengutip Dr. Martin Luther King Jr dalam email akhir pekan yang dikirim ke staf perusahaan ekuitas swasta, Smith menceritakan bagaimana keluarganya menangani pembunuhan pamannya oleh petugas pompa bensin putih hampir 50 tahun yang lalu dan menyerukan "Cinta dan pengertian."

"Ini telah menjadi minggu yang memilukan dan menyakitkan bagi Amerika dan mengingatkan bahwa dalam pengejaran kita yang tanpa akhir akan 'persatuan yang lebih sempurna,' masih banyak pekerjaan yang tersisa," tulis Smith.

Smith, CEO perusahaan ekuitas swasta yang berfokus pada perangkat lunak, Vista Equity Partners, telah lama mendukung aksi kesetaraan ras, mendanai Proyek The New York Times 1619 dan membuat sumbangan pribadi terbesar kedua ke Museum Nasional Sejarah Afrika Amerika dan Culture melalui Yayasan Fund II pada 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Orang terkaya adalah orang yang memiliki harta paling berlimpah.

    Orang Terkaya

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder