Sukses

Tak Hanya BLT Dana Desa, Nilai Bansos Juga Turun Jadi Rp 300 Ribu

Pemerintah memutuskan penyaluran bansos akan diperpanjang hingga Desember 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah memperpanjang penyaluran Bantuan Sosial (bansos) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa bagi warga terdampak pandemi virus Corona (Covid-19). Bansos akan diperpanjang hingga Desember 2020.

"Jadi untuk Jabodetabek, sekarang akan sampai Desember. Namun, mulai Juli hingga Desember manfaatnya akan turun dari Rp 600 ribu menjadi Rp 300 ribu per bulan," jelas Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam video conference usai rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (3/6/2020).

Perpanjangan juga berlaku bagi penerima manfaat di luar Jabodetabek. Namun, nilai manfaat akan turun dari Rp 600 ribu menjadi Rp 300 ribu, mulai Juli hingga Desember. Sri Mulyani mengatakan penyaluran bansosakan dilakukan secara tunai non-cash.

"Akan dilakukan transfer ke nama dan akun mereka sesuai dengan data di Kemensos atau kerja sama dengan Pemda," kata dia.

Sementara itu, untuk BLT Dana Desa diperpanjang hingga September 2020. Kendati begitu, penerima manfaat hanya akan mendapat bantuan senilai Rp 300 ribu dari yang mulanya Rp 600 ribu per bulan.

"Sehingga total BLT desa akan mencapai Rp 31,8 triliun," ucap Sri Mulyani.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Total Biaya

Sedangkan, untuk bansos tunai non-Jabodetabek totalnya mencapai Rp 32, 4 triliun dan bansos Jabodetabek Rp 6,8 triliun. Sri Muluyani menyebut penerima bansos didominasi oleh para petani, peternak, dan pekebun yang jumlahnya sebanyak 18,4 juta orang.

Kemudian, pedagang dan pekerja sektor swasta 4,2 juta orang, pekerja bangunan 3,4 juta orang, pekerja pabrik 3,3 juta orang, sopir dan pekerja komunikasi 1,3 juta orang, serta nelayan hampir 900 ribu orang. Dia mengklaim penerima bansos yang terdata tersebut sudah mencakup 40 persen dari total masyarakat Indonesia.

"Itu adalah dukungan yang diberikan pemerinta untuk menahan daya beli agar tidak menurun akibat Covid-19, dan merosotnya kegiatan ekonomi terutama di level masyarakat akar rumput," tutur Sri Mulyani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati
    Sri Mulyani Indrawati kini menjabat sebagai Menteri Keuangan di Kabinet Kerja.

    Sri Mulyani

  • Bantuan sosial (bansos) adalah upaya pemberian bantuan yang bersifat tidak tetap agar masyarakat dapat meningkatkan taraf kesejahteraan.
    Bantuan sosial (bansos) adalah upaya pemberian bantuan yang bersifat tidak tetap agar masyarakat dapat meningkatkan taraf kesejahteraan.

    Bansos

  • BLT adalah program bantuan pemerintah yang berjenis pemberian uang tunai atau beragam bantuan lainnya kepada masyarakat miskin.

    blt