Sukses

Selamat, 285 Mahasiswa Lolos Seleksi Beasiswa Pertamina Foundation

Pertamina Foundation tak hanya berfokus pada mahasiswa yang berprestasi, tetapi juga pada mahasiswa yang kurang mampu.

Liputan6.com, Jakarta Pertamina Foundation menguumumkan 285 mahasiswa dari 25 Perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia menerima Beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2020. Jumlah ini tersaring dari serangkaian seleksi yang diikuti oleh 6.848 pendaftar.

President Director Pertamina Foundation Agus Mashud S Asngari menjelaskan, proses seleksi diawali dengan penyeleksian berkas para pendaftar dengan mempertimbangkan prestasi, keaktifan dalam berorganisasi, kepedulian terhadap lingkungan dan diutamakan dari keluarga kurang mampu atau yang terdampak Corona.

Pada proses seleksi wawancara, hadir para pewawancara expert dari berbagai mitra Pertamina Foundation. Kemudian mengerucut menjadi 560 mahasiswa yang selanjutnya masuk dalam tahap seleksi wawancara hingga terpilih menjadi 285 mahasiswa terbaik.

"Pertamina Foundation tak hanya berfokus pada mahasiswa yang berprestasi, tetapi juga pada mahasiswa yang kurang mampu atau mahasiswa yang perekonomian keluarganya menurun akibat terdampak pandemi Corona," kata dia dalam keterangan tertulis, Rabu (3/6/2020).

Beberapa Perguruan Tinggi mitra Pertamina Foundation turut mendukung adanya Beasiswa Pertamina Sobat Bumi karena sangat membantu mahasiswa dari segi ekonomi dan pengembangan diri.

Agus melanjutkan, dari serangkaian seleksi yang ketat dengan melibatkan juri expert, praktisi serta akademisi akhirnya Pertamina Foundation berhasil memilih para penerima beasiswa terbaik. Beasiswa Pertamina Sobat Bumi ini diperuntukan bagi mahasiswa yang memang memiliki nilai lebih berdasarkan kemampuan akademik, visioner, dan memiliki kepedulian terhadap lingkungan.

Khusus tahun 2020, 50 persen dari kuota penerima beasiswa, kami khususkan untuk pendaftar yang kurang mampu dan terdampak Corona. "Cukup sulit memang, memilih 285 mahasiswa terbaik diantara 6.848 mahasiswa yang juga potensial. Terlebih mereka semua memiliki kehebatan dan kelebihan yang berbeda tipis." ujar Agus.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tugas Belum Selesai

Setelah melewati proses yang panjang dan ketat serta dinyatakan lolos seleksi, tugas para penerima beasiswa belum selesai. Selain belajar lebih keras, mereka harus menjadi pejuang lingkungan, pejuang sosial yang sesungguhnya buat masyarakat.

Mahasiswa Universitas Pertamina Arsalan Umar mengatakan, dirinya sangat senang menerima Beasiswa Pertamina ini dan dapat bergabung bersama Sobat Bumi lainnya. "Inilah waktunya saya menjawab tantangan untuk lebih berkembang dan menjadi inpirasi serta motivasi bagi pemuda-pemudi lainnya," kata dia. 

Beasiswa Pertamina Sobat Bumi merupakan bagian program PFPrestasi Pertamina Foundation yang berlangsung sejak tahun 2011. Beasiswa Pertamina Sobat Bumi terdiri dari tiga jenis beasiswa yang meliputi Beasiswa Reguler (Sarjana/S-1), Beasiswa Vokasi (D-3) dan Beasiswa Afirmasi (Daerah Operasi Pertamina).

Rektor Universitas Gadjah Mada Panut Mulyono mengatakan, Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai kampus mitra Pertamina Foundation, memberikan apresiasi kepada Pertamina Foundation yang mempunyai komitmen dan kepedulian besar terhadap upaya peningkatan kualitas sumberdaya manusia di Indonesia melalui Program Beasiswa Pertamina Sobat Bumi.

UGM siap memberikan dukungan kepada mahasiswa-mahasiswa terbaiknya untuk dapat menerima Beasiswa Pertamina Sobat Bumi, sehingga mahasiswa UGM semakin kreatif, inovatif, dan kompetitif untuk berprestasi, baik dalam skala nasional maupun global.

"Saya berharap pemberian beasiswa ini juga semakin meningkatkan kepedulian dan tanggungjawab serta kontribusi mahasiswa UGM terhadap masyarakat, bangsa dan negara Indonesia tercinta. Terimakasih Pertamina," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.