Sukses

Apresiasi Pinjaman Bunga Ringan, Pengemudi Ojek Online Berharap Program Terus Ada

Terobosan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk berkolaborasi dengan Gojek dan Grab menghadirkan skema khusus pinjaman bunga ringan

Liputan6.com, Jakarta Terobosan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk berkolaborasi dengan Gojek dan Grab menghadirkan skema khusus pinjaman bunga ringan bagi pengendara ojek online mampu mengurangi beban finansial pekerja sektor informal yang bertumpu pada pendapatan harian di masa pandemi COVID-19. Besaran pinjaman khusus yang diberikan tersebut mulai Rp5 juta hingga Rp20 juta. 

Adalah Teddy Sunardi (46), pengemudi ojek online berkesempatan mengikuti program dari BRI tersebut. Teddy berharap dana pinjaman yang diperolehnya dapat meringankan beban keluarga selama pandemi COVID-19 melanda.

Awalnya, Teddy mendapatkan pesan dari Gojek bahwa dirinya bisa mendapatkan pinjaman dari BRI dengan cara mengisi formulir secara elektronik. “Setelah menunggu saya mendapat info dari BRI kalau pengajuan pinjaman saya disetujui. Kemudian, Saya diminta menyerahkan foto copy identitas diri (KTP dan Kartu Keluarga) dan pinjaman langsung ditransfer ke rekening,” ujar Teddy ketika dihubungi baru-baru ini.

Sebelum menjadi pengemudi ojek online, Teddy pernah bekerja di bagian pergudangan pada sebuah perusahaan tekstil di bilangan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Musibah kebakaran yang menimpa perusahaan tempatnya bekerja, mengharuskan Teddy untuk banting setir guna memenuhi tuntutan dan kebutuhan hidup keluarga. 

Awal melakukan pekerjaan selaku pengemudi ojek online, tentunya tidak mudah dilalui oleh Teddy. “Pernah diusir sama ojek pangkalan (opang), dikomplain penumpang, yah...namanya juga kerja di bidang jasa, pasti ada saja orang yang tidak puas,” kenangnya.

Diungkapkan Teddy, sebelum pandemi ini meluas, Teddy bisa mengambil 20 trip perjalanan, yang jika dikonversikan dalam penghasilan bulanan, maka dia mampu mengumpulkan sedikitnya Rp7,5 juta sebulan. “Dapat segitu saya kerjakan mulai dari jam 7 pagi sampai pukul 5 sore,” ungkap Teddy sembari tersenyum.

Namun sejak COVID-19 meluas, pendapatannya terpangkas hingga 50%. Alhasil dia terpaksa menambah jam kerjanya hingga malam hari. "Untuk menyiasatinya, biasanya jam 5 saya sudah di rumah, kalau sekarang sehabis Magrib saya melanjutkan bekerja. Jadi jam terbang ditambah biar cukup. Pokoknya sampai kira-kira cukup lah," urai Teddy yang memiliki tanggungan seorang anak kuliah di jurusan Teknik dan seorang lain masih kelas 2 SMA.

Untuk menyiasati kebutuhan hidup yang tidak bisa ditunda atau ditangguhkan, Teddy dan istrinya berupaya untuk memangkas dan menahan biaya yang tidak diperlukan. “Pokoknya dan ibarat kata harus ada yang dipangkas, hemat-hemat lah, saya maju terus pokoknya,” kata Teddy bersemangat.

Mengenai mekanisme pengembalian pinjaman tersebut, Teddy menuturkan hal ini dilakukan secara harian dan langsung dipotong oleh perusahaan aplikator transportasi tempatnya bekerja. 

Teddy pun berharap agar BRI terus menjalankan program tersebut untuk membantu pengendara ojek online lainnya yang terdampak. "Saya berharap terus berjalan, terus ada sehingga bisa meringankan beban driver ojek lainnya,” tutup Teddy. 

Dalam program ini, BRI memberikan suku bunga terjangkau di mana cicilan dapat dibayarkan oleh penerima kredit secara harian, dan pembebasan cicilan 3 bulan pertama dari masa pinjaman 24 bulan. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini