Sukses

5 Alasan Kuat Perlu Belajar Manajemen Bisnis

Sulit bagi perusahaan untuk berjalan secara efisien tanpa dukungan manajemen yang kuat.

Liputan6.com, Jakarta Menjalankan bisnis, baik sebagai pemilik atau jajaran manajemen, memang tidak pernah mudah. Dengan kondisi yang ada, seperti akhir-akhir ini, pebisnis dipaksa untuk mempekerjakan staf dengan kualifikasi dan keterampilan akademik yang sangat tinggi.

Sulit bagi perusahaan untuk berjalan secara efisien tanpa dukungan manajemen kuat yang dipimpin seseorang dengan setidaknya gelar sarjana. Seperti dalam bidang keuangan, TI atau SDM.

Berikut adalah 6 alasan pentingnya mempelajari manajemen bisnis apalagi di tengah wabah pandemi covid-19.  Apa saja alasannya, berikut rinciannya melansir laman Freemalaysiatoday.com, Sabtu (30/5/2020).

1. Lanskap bisnis terus berubah

Saat Anda mengakui pentingnya memiliki pengalaman langsung di dunia nyata, kadang-kadang itu tidak cukup mengatur bisnis di era modern.

Pengalaman berarti perlu memahami bagaimana proses bisnis bekerja dan bagaimana proses itu akan berubah dalam waktu dekat. Tetapi Anda mungkin tidak memiliki pengetahuan yang diperlukan untuk memprediksi perubahan bisnis jangka panjang.

Sekarang di situlah gelar manajemen bisnis membantu bagaimana memahami pergeseran lanskap bisnis di masa depan. Ini mempersiapkan Anda mengatasinya ketika terjadi.

Anda perlu tahu di mana dunia dalam hal kemajuan teknologi serta ke mana arahnya. Kalau tidak, Anda mungkin tertinggal.

2. Memberi penghargaan

Kursus manajemen bisnis membekali Anda dengan keterampilan yang tak ternilai, yang tidak dapat dilakukan dunia. Bisnis baru datang setiap hari dan mereka perlu merekrut profesional dengan keahlian Anda.

Jika belum memiliki pekerjaan, Anda harus yakin akan mendapatkannya di akhir kursus. Jika Anda berada di pasar kerja, memiliki peluang lebih besar untuk dipekerjakan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Relevan secara global

Bisnis adalah industri global. Mengejarnya saat di perguruan tinggi dan kemudian menjadi karier memberi Anda perspektif global yang tidak bisa dilakukan yang lain. Anda dapat bekerja di mana saja di planet ini, yang meningkatkan peluang mendapatkan pekerjaan.

Anda juga berpeluang bagus mendapatkan beasiswa internasional jika dinilai unggul dalam studi; jika tertarik belajar atau bekerja di luar negeri.

Siapa yang tidak ingin go internasional? Sebelum mulai membuat rencana, Anda harus mengajukan permohonan visa dan persyaratan umum lainnya. Itu adalah langkah pertama membangun bisnis sendiri dan kemudian membawanya ke pasar global.

Sehingga Anda akan membuat banyak koneksi dengan sesama mahasiswa internasional, mendapatkan pengalaman multikultural yang masif dan memahami dunia dengan cara yang lebih baik ketika belajar bisnis.

 

3 dari 3 halaman

4. Memberi Pengetahuan dan karir yang fleksibel

Kursus manajemen bisnis memiliki beragam pilihan di bawahnya. Anda dapat lulus dengan gelar bisnis maupun lainnya.

Pengetahuan yang didapat bisa menyelesaikan semua hambatan karir dan memungkinkan memiliki fleksibilitas karier yang sangat dibutuhkan.

5. Manajemen bisnis menggabungkan banyak keterampilan yang dapat ditransfer

Keterampilan yang didapat bisa membantu karier dan kehidupan pribadi. Ini termasuk penyelesaian masalah, pemikiran kritis, resolusi konflik, memotivasi, penulisan laporan dan manajemen sumber daya di antara beberapa lainnya.

Keterampilan ini meningkatkan Anda sebagai pribadi dan membantu orang lain juga. Hal yang jadi kebutuhan adalah serangkaian keterampilan yang memungkinkan menjalani kehidupan yang lebih memuaskan. Bahkan ketika Anda membantu staf mengembangkan karier mereka.

Anda adalah pemimpin mereka dan mereka sangat menghargai inspirasi dan kepemimpinan. Pembinaan kehidupan juga berguna ketika Anda adalah seorang manajer bisnis.

Ini membantu Anda untuk memahami orang-orang dari berbagai perspektif dan untuk menyelesaikan masalah mereka secara professional dan memuaskan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini