Sukses

Aliran Modal Asing Masuk Indonesia Meningkat, Capai Rp 6,15 Triliun

BI mencatat aliran modal asing atau capital inflow di minggu kedua bulan Mei melalui Surat Berharga Negara (SBN) mencapai Rp6,15 triliun

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) mencatat aliran modal asing atau capital inflow di minggu kedua bulan Mei melalui Surat Berharga Negara (SBN) mencapai Rp6,15 triliun. Angka ini meningkat dua kali lebih dari posisi minggu pertama sebesar Rp2,97 triliun.

"Kalau kami pantau di minggu kedua, selama minggu kedua bulan Mei terdapat inflow atau masuk asing di SBN Rp6,15 triliun dari periode 18 Mei sampai 20 Mei 2020," kata Gubernur, Perry Warjiyo, dalam video conference di Jakarta, Kamis (28/5/2020).

Perry mengatakan, peningkatan aliran modal asing masuk ini akibat meredanya kepanikan global terhadap Covid-19.

Apalagi, langkah-langkah ditempuh pemerintah dan juga BI dalam penanganam Covid-19 memberikan kepercayaan kepada investor.

Kendati begitu, dirinya mengaku masih terjadi outflow atau aliran modal asing keluar dari instrumen saham. Sebab, isu kondisi pasar saham global masih mempengarungi pergerakan arus modal asing.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pasar Saham Global

"Di minggu kedua outflow Rp2,72 trilin minggu pertama adalah Rp3,9 triliun memang itu berkaitan dengan kondisi pasar saham global," tandas dia.

Dwi Aditya Putra

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini