Sukses

2 Inovasi Pos Indonesia Jalankan New Normal

Aplikasi Space adalah aplikasi yang dibangun oleh Divisi IT Pos Indonesia secara inhouse dan dikepalai langsung oleh Direktur Strategis PT Pos Indonesia Noer Fajrieansyah.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pos Indonesia (Persero) sudah mempersiapkan skenario New Normal dengan meluncurkan layanan digital, yakni membuat aplikasi videoconference sebagai media rapat secara virtual yang diberi nama Space dan aplikasi di bidang layanan keuangan “Pos Giro Mobile.”

Tentunya peluncuran aplikasi tersebut sebagai bentuk menyambut The New Normal pemulihan ekonomi dan industri, sebagaimana arahan dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Nomor S-336/MBU/05/2020 tentang Antisipasi Skenario The New Normal Badan Usaha Milik Negara.

Direktur Strategis PT Pos Indonesia (Persero) Noer Fajrieansyah menjelaskan, di tengah kesibukan Pos Indonesia mendistribusikan Bantuan Sosial di seluruh wilayah, pengembangan aplikasi Space pada tahap awal ini, diharapkan sebagai solusi atas kebutuhan komunikasi dan koordinasi internal yang lebih cepat, serta efisien. 

"Sehingga diharapkab bisa menunjang operasional bisnis yang salah satu diantaranya distribusi Bansos tunai dan non-tunai terutama di saat kondisi pandemi covid-19 ini,” kata Noer Fajrieansyah, dalam keterangan tertulis, Rabu (27/5/2020).

Aplikasi Space adalah aplikasi yang dibangun oleh Divisi IT secara inhouse dan dikepalai langsung olehnya.

Seperti halnya aplikasi video conference lain (Zoom, Google Meet atau Microsoft teams), Space tentunya lebih aman bagi Pos Indonesia, lebih efektif dan efisien dari sisi biaya karena dibuat dan dikembangkan sendiri oleh tim IT internal Pos Indonesia.

Selain itu, layanan ini bisa menjangkau pelosok dan menggunakan bandwith bersifat customizable atau adaptif. Space tetap dapat berjalan pada koneksi data rendah (minimal 50 Kbps) dan akan menampilkan kinerja yang maksimal di bandwith tinggi.

“Implementasi layanan ini dinilai sangat cocok untuk menjembatani komunikasi di internal Pos Indonesia, karena memiliki jumlah karyawan yang besar, kondisi regional yang tersebar di seluruh Indonesia, dan akses internet tidak merata,” jelas Noer

Adapun fitur pada aplikasi Space antara lain aplikasi berbasis web, tersedia versi android mobile dan terintegrasi dengan Sistem Informasi Manajemen SDM PT Pos Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pos Giro Mobile

Tentunya dalam The New Normal, PT Pos Indonesia (Persero) menghimbau para pelanggan menggunakan transaksi digital dan layanan pick up. Terobosan ini dilakukan agar masyarakat tidak perlu keluar rumah guna menghindari penyebaran Covid-19.

Pelanggan dapat menggunakan layanan Pos Giro Mobile (PGM) yang bisa di unduh di playstore, sehingga dapat melakukan transaksi layanan jasa keuangan Pos Indonesia sebagaimana biasanya.

“PGM dibuat untuk berkompetisi merebut pasar financial technology (fintech) khususnya menyasar unbankable society serta msenjadi upaya perseroan guna mendukung strategi nasional dalam meningkatkan Financial Inclusion di Indonesia,” jelasnya.

Kendati begitu, ia menyarankan kepada pelanggan untuk melakukan transaksi jasa keuangan melalui Pos Giro Mobile (PGM), sedangkan untuk jasa kurir dan logistik dapat manfaatkan layanan pick up dengan menghubungi kantor pos terdekat.

“Dengan hadirnya aplikasi space ini, kami ingin menciptakan kemudahan dan meningkatkan pelayanan pelanggan di The New Normal melalui layanan digital,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini